Airin Berikan Pengarahan Kepada 1000 Kader Kesehatan Kecamatan Pamulang

TangselMedia – Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Tangerang Selatan menyelenggarakan acara Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) dalam rangka melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada seluruh kader kesehatan se-Kecamatan Pamulang.

Acara tersebut dilaksanakan di GOR (Gedung Olahraga) Excellent Hall Pondok Cabe, Jalan Raya Pondok Cabe No. 68, Pondok Cabe Udik, Pamulang, Tangsel, pada Selasa 9 Mei 2017. Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany hadir membuka dan memberikan pengarahan pada acara ini.

Airin Rachmi Diany saat memberikan arahan di depan ribuan kader kesehatan Pamulang. (sumber foto: TangselMedia)

Dalam pengarahannya, Airin meminta kader kesehatan di Kecamatan Pamulang lebih giat lagi dalam menyosialisasikan dan mengajak warga untuk senantiasa menerapkan indikator Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) seperti:

1) Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan; 2) Memberi bayi ASI eksklusif; 3) Menimbang balita setiap bulan; 4) Menggunakan air bersih; 5) Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun; 6) Menggunakan jamban sehat; 7) Memberantas jentik di rumah; 8) Makan sayur dan buah setiap hari; 9) Melakukan aktifitas fisik setiap hari; 10) Tidak merokok di dalam rumah.

Dalam kesempatan yang sama, PLT Kepala Dinas Kesehatan kota Tangsel, Listya Windyarti, mengatakan tujuan dari acara ini adalah sebagai implementasi program prioritas pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) karena ada indikator yang harus ditekankan kemasyarakat melalui PHBS.

“Kesehatan bukan milik kita saja tapi semua, jadi kami butuh SDM yang bisa berinteraksi dengan warga langsung, kader posyandu, posbindu, dan jumantik itu merupakan kader kesehatan, jadi kader kesehatan ini tugasnya mengajak warga berperilaku hidup secara sehat”, ujarnya.

Pantauan TangselMedia di lokasi acara, berdasarkan informasi dari pihak panitia penyelenggara, total peserta dari seluruhnya sebanyak 1.167, terdiri dari 990 kader kesehatan se-Kecamatan Pamulang, kepala-kepala Puskesmas, kader PKK, Lurah, dan perwakilan dari kecamatan. (HJD)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply