Ar-Rahmah Archery club, Olahraga Panahan sekaligus Jalani Sunah Nabi

IMG-20160411-WA0006TangselMedia.com – Dalam beberapa tahun ini, olahraga memanah memang sedang naik daun di kalangan muslim Indonesia. Sejarah awal berdiri olahraga panahan  awalnya adalah alat berburu dan mempertahankan hidup. Kini, panahan terdaftar sebagai cabang olahraga yang dilombakan, seperti di Olimpiade.
Panahan adalah kegiatan menggunakan busur panah untuk menembakkan anak panah. Awalnya, panahan digunakan dalam berburu sebelum berkembang sebagai senjata dalam pertempuran dan kemudian jadi olahraga ketepatan.

Adalah sebuah komunitas yang melakukan olahraga sunah Nabi ini, yaitu Ar-Rahmah Archery Club (AAC).

Komunitas yang mempunyai slogan Reviving the Sunnah of Archery ini berdiri sejak 5 Maret 2016 Di Masjid Ar-Rahmah Kelurahan Rempoa, Kecamatan Ciputat Timur.

Di sela sela latihan memanah (14/4/2016)  Sisrie, Ketua Ar-Rahmah Archery bercerita, bahwa komunitas ini memiliki tujuan yang sederhana tapi bermakna, yaitu menghidupkan kembali sunah memanah.

Perempuan yang akrab disapa Bunda Sisrie ini menjelaskan. “Komunitas ini terbuka untuk semua kalangan, yang belum mengenal pun bisa ikut karena di sini kita saling share dan care. Jadi untuk yang belum bisa akan kami ajari,” tambah Sri yang juga aktif menjadi pelatih Ar-rahmah archery club.
Banyak Manfaat bagi Kesehatan

Menurut Bunda Sisrie, Panahan ini sungguh luar biasa manfaatnya, sehingga Rasulullah SAW menganjurkan umat muslim untuk belajar memanah, selain berenang dan berkuda. Selain menyehatkan tubuh,  memanah ini dapat bernilai pahala karena salah satu sunnah. Olahraga memanah juga bisa bisa melatih setiap individu untuk menang, berani, fokus, dan melatih logika.

Suhery  (28) adalah pemain pemula pada panahan, merasa sangat senang bisa mempelajari olahraga sunah itu. Awalnya ia sangat gugup saat belajar memanah dan belum mengetahui keutamaan memanah dalam Islam” Panahan ini juga bisa bertujuan, sebagai daya tarik anak muda untuk memperbanyak aktivitas di Masjid, Apalagi jika Dispora Tangsel memasyarakatkan olahraga panahandari masjid bisa muncul atlet panahan yang potensial”, imbuhnya.

Cara bergabung di AAC bisa di saat kopdar setiap ahad sore di Masjid Ar-Rahmah Rempoa. Apabila ingin melihat aktivitas dan informasi tentang AAC bisa dilihat media sosial Facebook: masjid Ar-rahmah Rempoa, atau hubungi Whatsapp: 021 99512977.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply