Banjir Melanda Banten, Enam Kecamatan di Lebak Terendam

TangselMedia – Banjir di Kabupaten Lebak Provinsi Banten meluas hingga enam kecamatan, menyusul curah hujan tinggi di kabupaten tersebut.

“Kami menerima laporan, sementara tercatat 250 rumah warga terendam banjir dan dipastikan korban banjir terus bertambah” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Kaprawi, sebagaimana diberitakan Antara, Kamis 9 Februari 2017.

Salah satu daerah banjir di Kab. Lebak (sumber foto: TangselMedia)

Keenam kecamatan itu adalah: Leuwidamar, Gunungkencana, Cijaku, Cigemblong, Bayah dan Banjarsari. Sebagian masyarakat terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman, karena air belum juga surut.

Curah hujan tinggi membuat sungai-sungai di daerah tersebut meluap, sedangkan permukiman yang tergerus banjir, umumnya berdekatan dengan daerah aliran sungai.

“Kami memperkirakan warga yang tinggal di bantaran daerah aliran sungai mencapai ribuan jiwa” tambah Kaprawi.

BPBD juga menghimbau masyarakat yang tinggal di daerah aliran sungai agar meningkatkan kewaspadaan. “Kami minta warga lebih baik mengungsi ke tempat lebih aman, jika hujan pada dini hari, untuk menghindari korban jiwa” kata dia.

Ia mengaku menerima laporan 250 rumah terendam, namun tidak ada korban jiwa akibat bencana ini. “Kami telah menerjunkan tim evakuasi guna mengatasi bencana banjir itu agar tidak menimbulkan korban jiwa” tambah Kaprawi.

Sementara itu, camat Cigemblong telah menerjunkan aparat desa untuk mendata warga terdampak banjir. “Kami baru menerima laporan sekitar puluhan rumah warga yang terendam banjir” tutup Kaprawi. (HJD)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply