Banten Berencana Mendirikan Rumah Sakit Jiwa Tahun 2017

Pasien Sakit JiwaTangselMedia.com – Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Kesehatan memiliki rencana membangun gedung Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Banten. Hal ini sudah menjadi wacana yang serius dengan rencana Anggaran pembebasan Lahan yang sudah direncanakan pada tahun 2016 dan dari segi fisiknya pada tahun 2017.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Sigit Wardojo, menjelaskan bahwa Banten sudah waktunya memiliki RSJ sendiri. Selain itu, agar pihak Dinas Kesehatan dapat menangani penderita gangguan jiwa secara cepat dan spesifik.

Fakta yang terjadi di lapangan, selain belum terdapatnya Rumah Sakit Jiwa (RSJ), provinsi Banten juga kurang memiliki tenaga medis untuk menangani pasien kejiwaan, seperti dokter spesialis jiwa.

Sigit menambahkan, meskipun mereka belum ada dokter jiwa, untuk kedepannya Dinas Kesehatan Provinsi Banten sudah memiliki standar akan kebutuhan dokter jiwa tersebut. Tentu ada beberapa tahap untuk mencapai  ke arah sana, seperti persiapan membangun gedung bersamaan dengan persiapan Sumber Daya Manusia (SDM)-nya.

Asisten Daerah (AsDa) III Pemprov Banten, Sumawijaya menerangkan bahwa Banten sudah selayaknya memiliki RSJ agar bisa menampung dan mengobati para penderita gangguan jiwa. Dan wacana pembangunan Rumah Sakit Jiwa buat pengadaan tanah sudah masuk dalam anggaran tahun 2016, dimana tahun 2017 akan dimulai pembangunannya, sambung Sumawijaya.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply