Berikut Ini Menu Buka Puasa dan Sahur yang Harus Dihindari Bagi Penderita Maag (part 2)

TangselMedia – Menu buka puasa dan sahur ketika Bulan Ramadhan, sangat penting sekali untuk diperhatikan, terutama bagi seseorang yang menderita penyakit maag.

Berikut ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya, tentang menu makanan apa saja yang harus dihindari oleh para penderita maag, menurut pendapat Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SsPD-KGEH, MMB, konsultan saluran pencernaan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Menu makanan buka puasa bagi penderita maag. (sumber foto: job-like.com)

5) Hindari menu makanan berat ketika berbuka;

Ketika buka puasa, mengonsumsi makanan berat juga tidak dianjurkan. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan, salah satu alasannya yaitu: untuk mencegah lambung bekerja mendadak. Lambung yang mendadak bekerja keras, tentu saja dapat meningkatkan asam lambung. Jika tidak segera diatasi, hal ini dapat membuat dinding lambung terluka.

6) Makanan pedas;

Sudah menjadi rahasia umum, jika seseorang yang menderita penyakit maag harus menghindari makanan yang bercitarasa pedas. Tidak hanya dapat mengiritasi lambung saja, makanan pedas juga dapat membuat perut menjadi tidak nyaman. Beberapa makanan pedas yang sebaiknya dihindari, antara lain: saos tomat, saus panas, cabe, sambal, saos cabe serta semua makanan yang mengandung merica yang berlebih.

7) Makanan yang mengandung alkohol;

Tak hanya pada saat puasa saja, makanan yang difermentasikan seperti tape singkong, tape ketan, manisan buah dan sayur juga sering dihidangkan ketika lebaran. Namun tahukah Anda, makanan tersebut mengandung alkohol yang tidak boleh dikonsumsi penderita maag. Agar asam lambung tidak naik, sebaiknya Anda menghindari makanan tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai menu buka puasa dan sahur yang harus dihindari bagi penderita maag. (HJD)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply