Bunga Anggrek, Program Pasar Potensial

Ekonomi 0
pasar bunga anggrek di tangsel

photo: candiorchid

Program Pasar Potensial – Pangsa pasar yaitu tanaman hias jenis bunga anggrek semakin menjanjikan. Momen berpotensi tersebut tentunya tidak ingin dilewatkan oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang mana anggrek telah dijadikan ikon bagi kota termuda pada Provinsi Banten. Maka dari itu, program pelatihan pemerintah terhadap pengembangan budidaya tanaman hias anggrek ini akan terus ditingkatkan.

Adanya pangsa pasar yang sangat bagus dan menarik, tentunya mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Anggrek jenis Vanda Douglas sudah dijadikan komoditi unggulan, dimana selain proses pemasarannya cukup mudah dikarenakan sudah dibantu dengan fasilitas yang diberikan oleh Pemda.  Ditambah lagi kemudahan dalam pembudidaya-an tanaman hias anggrek yang tidak begitu sulit. Pekaragan rumah dapat dimanfaatkan untuk pembudidayaan anggrek karena tidak perlu lahan yang luas,

Kini telah banyak munculnya gabungan Gapoktan (gabungan kelompok tani) yang mendapatkan pembinaan dari penyebaran satuan kerja perangkat di beberapa daerah. Selain diberi modal awal yang berupa bibit awal, mereka juga diberi pengetahuan khusus agar tercetak menjadi petani anggrek yang sukses. Selain itu dtambah lagi bahwa Walikota Tangerang Selatan yaitu Airin telah menyediakan sebuah lahan khusus untuk budidaya anggrek pada wilayah Ciater (Kelurahan Serpong). Guna lahan tersebut adalah disiapkan untuk pengembangan dan memenuhi pangsa pasar anggrek. Para petani sudah disiapkan lahan yang luasnya lima hektar pada sentra pertanian, jadi tanaman hias juga telah termasuk didalamnya.

Setiap tahun permintaan atas anggrek dipasaran kian meningkat. Pada tahun 2012 terdapat sebanyak 5,5 jt tangkai telah terjual. Selanjutnya pada tahun 2013 sebanyak 6 jt tangkai anggrek laku terjual. Sedangkan untuk tahun 2014 ini telah ditargetkan penjualan keseluruhan bunga anggrek dari Kota Tangerang Selatan terjual sebanyak 7 jt tangkai.

Potensi pasar bunga ini sangat tinggi apabila terus dikembangkan. Saat ini telah banyak pesanan bunga anggrek baik dari Jabodetabek bahkan hingga keluar pulau jawa. Dengan disediakannya lahan sentra pertanian ditujukan agar dapat mengoptimalkan hasil panen anggrek. Kini sudah terbentuk kisaran antara 40-50 kelompok tani khusus anggrek.

Saat ini juga masih dalam proses untuk penamaan jenis anggrek Genta Tangerang Selatan yang menjadikan ciri khas anggrek dari Kota Tangerang Selatan, karena anggrek Tangsel ini berbeda dengan anggrek daerah lain.

Seluruh warga yang telah tergabung menjadi  peserta pelatihan diberi cara menanam serta pengembangan budidaya tanaman hias yakni anggrek. Diantaranya yaitu meliputi teknik-tehnik dalam merangkai bunga selama pelaksanaan pembudidayaan bunga anggrek. Dilakukannya hal tersebut yaitu untuk mendorong masyarakat agar bisa optimal dalam memanfaatkan pekarangan disekitar untuk membudidayakan tanaman hias bunga anggrek dan dengan hasil panennya lumayan, bisa menambah uang dapur anda.

Demikian artikel tentang Berita seputar bisnis di Tangerang Selatan, Program Pasar Potensial.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply