Dalam Rangka HPSN, Komunitas dan Mahasiswa Bebersih Danau Situ Gintung

TangselMedia – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada Hari Rabu 22 Februari 2017, komunitas bank sampah kota Tangerang Selatan (Tangsel) bersama mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) melakukan aksi bersih-bersih danau Situ Gintung.

Acara tersebut dilaksanakan di sepanjang trotoar jalan yang mengelilingi danau Situ Gintung, Kelurahan Cirendeu, Kecamatan Ciputat Timur, Tangsel, mulai pk. 07:00 -10:00 WIB pada Rabu kemarin.

Mahasiswa UMJ bersama komunitas bank sampah, melakukan aksi pungut sampah. (sumber foto: TangselMedia)

Tujuan dilaksanakannya acara ini, menurut Suheri, Koordinator Pelaksana dari Komunitas Bank Sampah Ar Rahmah adalah, untuk mengampanyekan agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan.

“Tujuannya menyadarkan masyarakat untuk lebih peduli kebersihan. Idealnya, masyarakat Tangsel sudah bijak dalam menyikapi sampah. Bahwa sampah adalah sumber penyaki, jadi jangan membuangnya sembarangan”, ujarya pada TangselMedia.

Kenapa dipilih danau Situ Gintung? Karena menurut Suheri, Situ Gintung adalah tempat yang sering dikunjungi banyak orang, jadi kampanye untuk mengajak orang tidak buang sampah sembarangan sangat efektif, jika dilakukan di tempat umum dan terbuka.

Suheri bersama rekannya, sedang memunguti sampah. (sumber foto: TangselMedia)

“Karena ini di tempat umum, kami sengaja memberi contoh pada masyarakat untuk tidak malu memungut sampah dan membuang pada tempatnya”, pungkas Suheri.

Aksi ini juga mendapat dukungan dari Dinas Lingkungan Hidup kota Tangsel, dari pihak dinas membantu dengan menerjunkan mobil sampah. (HJD)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply