Demi Mendongkrak Wisatawan Lokal, Solear Akan Jadi Objek Wisata Religi

Nasional, Wisata 0

Monyet di SolearTangselMedia.com – Pemerintah Kabupaten Tangerang memiliki wacana membangun objek wisata religi di Solear sebagai salah satu usaha mendongkrak wisatawan lokal. Seperti apakah?

Sekretaris Daerah Pemkab Tangerang, Iskan Mirsyad seperti dilansir Inilah.com (08/09/2015), mengatakan bahwa rencana induk proyek wisata sudah dibuat dan pembangunan akan dilakukan pada awal Januari 2016. Selama ini objek wisata Solear bisa dibilang masih belum tergarap optimal karena kondisi di lapangan hanya dijumpai sebuah halaman dan tempat santai untuk para pengunjung, sambung Iskandar. Di Solear akan didirikan tempat menjual macam-macam kuliner seperti kripik cisoka dan kronjo bagi warga setempat.

Iskandar menyatakan bahwa Rencana induk proyek tersebut dibantu oleh aparat Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan pariwisata (Disporabudpar) Pemkab Tangerang dan segera rampung. Akan tetapi proyek Solear itu menggunakan dana APBD Kabupaten Tangerang ahun 2015 dan sudah disetujui oleh DPRD setempat.

Objek wisata Solear sendiri adalah kawasan makan kerabat Kesultanan Banten yang sudah ada dari tahun 1552 sekaligus sebagai tempat pertemuan penyebaran agama Islam dalam perjalanan dari Cirebon ke Banten. Selain terkenal dengan sejarahnya, Solear merupakan tempat yang terdapat hutan lindung dan ditumbuhi dengan aneka tanaman keras berbagai jenis serta menjadi rumah bagi ratusan monyet ekor panjang.

Menurut Iskandar, di Solear juga terdapat makam sahabat para wali antara lain Syekh Mas Massad yang menjadi panglima tentara Islam ditugaskan oleh Sultan Banten agar menyebarkan agama di Tigaraksa dan sekitarnya. Pada saat memasuki tahun baru Islam, kawasan Solear pasti dipenuhi pengunjung yang ingin berziarah dari berbagai daerah seperti Cirebon, Kudus, Jombang, Lampung maupun Kuningan.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply