Dorong Mahasiswa Berjiwa Wirausaha, Pemkot Tangsel dan Perguruan Tinggi Adakan Festival Wirausaha

Sosial Budaya 0
Festival Wirausaha Mahasiswa di UIN (17/10/2016). Foto: istimewa

Festival Kewirausahaan Mahasiswa di UIN (17/10/2016). Foto: istimewa

TangselMedia – Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui Dinas Koperasi dan UKM bekerjasama dengan Perguruan Tinggi di Tangerang Selatan menggelar Festival Kewirausahaan Mahasiswa. Acara yang di gelar di Aula Harun Nasution Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta – Ciputat, diikuti 700 mahawasiswa dari 5 perguruan tinggi di Tangerang Selatan pada Senin, 17 Oktober 2016.

Tercatat Perguruan Tinggi yang mengikuti acara tersebut adalah UIN Syarif Hidayatullah, ITI (Institut Teknologi Indonesia), STIE Ahmad Dahlan, Unpam, dan UMJ. Nantinya dari 700 mahasiwa tersebut akan diseleksi untuk mendapatkan pembinaan selanjutnya.  

Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany dalam sambutannya mengatakan jika pihaknya berkomitmen untuk melakukan pengembangan kewirausahaan kepada anak muda.

“Setelah lulus mereka memiliki keahlian di bidangnya masing-masing. Apa yang menjadi keahliannya diharapkan bisa dikembangkan sejak kini. Karena dengan program ini anak-anak mahasiswa diajarkan berbagai macam cara membuka usaha,” jelasnya.

Warman Syanudin selaku Kepala Dinkop dan UKM Kota Tangerang Selatan mengatakan jika festival kewirausahaan ini dimaksudkan untuk mencetak wirausaha muda. Mahasiswa setelah lulus tidak bergantung kepada pencarian pekerjaan, namun lebih fokus bagaimana menciptakan peluang usaha agar tercipta lapangan pekerjaan.

“Ini tindak lanjut dari kerjasama Pemkot Tangsel dengan perguruan tinggi salah satunya UIN beberapa waktu lalu, di bidang Koperasi dan UKM akan melakukan pembekalan dan pembinaan kepada calon wirausaha muda,” ujarnya.

Dari ratusan peserta dalam festival wirausaha ini nantinya akan di seleksi untuk tahap pembinaan selanjutnya. Dinas Koperasi dan UKM akan menseleksi yang benar-benar fokus dalam menjalankan wirausaha. “Yang sudah jalan akan didampingi oleh akademisi,” ujar Warman.

Dalam kesempatan itu Jaka Badranaya mewakili UIN Jakarta mengatakan kegiatan festival kewirausahaan ini untuk membentuk mental wirausaha di kalangan pemuda Tangsel yang sedang menempuh kuliah agar ke depannya setelah lulus tidak bingung atau hanya memikirkan mencari pekerjaan. (isn)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply