Fokus Utama SMPN 3 Pasar Kemis: Dorong dan Dukung Potensi Siswa Seluas-luasnya

Banten, Sekolah 0

mahasiswa-berprestasiTangselMedia.com – Perlu usaha dan kerja keras untuk meraih prestasi sebaik mungkin. Seperti itu kondisi SMPN 3 Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang dimana sekarang sedang fokus terhadap pengembangan seluruh potensi siswanya.

Saat ini pihak sekolah boleh tersenyum bangga karena sudah bisa memetik hasilnya yakni memiliki bibit siswa-siswi unggul dimana banyak meraih prestasi. Seperti yang diungkapkan oleh Agus Soni Sobari, M.Pd., Selaku Kepala SMPN 3 Pasar Kemis bahwa pihak Agus berusaha mewadahi dan mengembangkan potensi yang ada pada tiap siswa. Salah satu bentuk kegiatannya adalah menerbitkan majalah sekolah bertajuk “GemPITA” yang terbit sejak bulan September tahun lalu.

Sampai saat ini majalah sekolah GemPITA memasuki cetakan kedua. Motivasi menerbitkan majalah sekolah adalah sebagai salah satu upaya mengembangkan potensi dalam diri siswa khususnya ketrampilan menulis, ungkap Agus dengan didampingi Pemimpin Redaksi GemPITA, Eros Roswati, S.Pd.

Eros mengakui bahwa dirinya belum banyak pengalaman di dunia media. Akan tetapi dengan amanah yang diberikan dari pihak sekolah maka tanggung jawab sebagai pemimpin redaksi dijalani dengan suka cita. Eros kerap kali memberikan semangat dan mendorong kepada siswa agar lebih paham tentang seluk beluk ketrampilan penulisan. Sehingga semakin banyak siswa yang tertarik dan paham, maka semakin banyak karya tulis yang dihasilkan dan bisa bermanfaat bagi masyarakat luas dari tulisan itu.

Tak lupa Eros mengingatkan kepada siswanya supaya kegiatan menulis juga bisa dijadikan sebagai ladang dakwah dan menjadi inspirasi banyak orang. Maka Eros sering menghimbau agar pada saat menulis di majalah GemPITA disertai dengan niat ibadah karena disitulah nilai utamanya.

Eros memberikan contoh kepada siswa-siswi bahwa ada banyak macam bentuk tulisan, seperti cerita pendek puisi atau pantun. Selama ini Eros juga mengamati terdapat bakat yang tersimpan di dalam diri muridnya, sehingga sangat sayang untuk tidak dikembangkan. Apalagi bila semakin diasah, tentu bukan tidak mungkin karya siswa-siswinya jauh lebih bagus dibanding para guru SMPN 3 Pasar Kemis sendiri.

Oleh karena itu, salah satu upaya agar memancing siswa produktif dalam menulis, Eros memiliki strategi dengan membagikan hadiah bagi siapa yang bisa mengisi Teka-Teki Silang (TTS) berupa hadiah alat-alat tulis. Ternyata strategi Eros terbukti ampuh dan saat ini semakin banyak siswa yang ingin mengirimkan tulisannya agar dapat dimuat di majalah.

Dalam kesempatan yang berbeda, Karsoma, S.Pd., selaku Wakil Kepala Sekolah (Waksek) Bidang Kesiswaan SMPN 3 Pasar Kemis menjelaskan bahwa pengembangan siswa juga diterapkan di bidang olahraga. Misalnya, di bidang atletik, SMPN 3 Pasar Kemis mempunyai Ainil Marhamah sebagai atlet berprestasi dalam bidang atletik. Karena Ainil pernah menjadi Juara Pertama Atletik tingkat Kabupaten Tangerang.Selain itu, ada Marsela atlet brepestasi dalam bidang Yudo, lalu ada Soni di tenis meja.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply