IISMEX Forum: Indonesia International Smart City Investment Forum 2017

TangselMedia – Indonesia International Smart City Expo & Forum resmi digelar mulai tanggal 12 Juli hingga 14 Juli 2017 bertempat di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta. Salah satu kegiatan yang diadakan selama pameran yaitu seminar Indonesia International Smart City Forum 2017.

Ki-Ka: Hari, Firmansyah, Eko Budi Kurniawan, Azwar Anas, Subashu Vallkar dan Edi Husin

Ki-Ka: Hari, Firmansyah, Eko Budi Kurniawan, Azwar Anas, Subashu Vallkar dan Edi Husin (Sumber Foto: TangselMedia.com)

Dihadiri narasumber, antara lain Dr. Eko Budi Kurniawan selaku Kabid. Pengembangan Infrastruktur Metropolitan, Edi Husin selaku perwakilan Kadin Indonesia, Azwar Anas selaku Bupati Banyuwangi, Hari selaku CEO Citi Asia Inc., Firmansyah selaku E-Goverment Kominfo serta Subashu Vallkar.

Dalam kesempatan tersebut, Firmansyah mengatakan, “Kominfo sedang mencari pola panduan Smart City agar bisa diimplementasikan pada kota-kota lain sekaligus sebagai acuan karena selama ini belum ada panduan”.

Sehingga Kominfo bekerjasama dengan lembaga terkait, seperti Bappenas, Kemendagri, konsultan serta IBM dalam membentuk Smart City yang terpola untuk kedepannya.

Hal tersebut dilakukan sebagai langkah awal dukungan untuk Kominfo membimbing 25 diantara 100 kota/kabupaten agar menjadi contoh Smart City sesungguhnya hingga tahun 2019 kedepannya.

Seperti salah satunya, Banyuwangi, yang sejak tahun 2012 pelan-pelan telah menjadi Smart City. Hal tersebut diungkapkan oleh Azwar Anas, Bupati Banyuwangi, menjelaskan Banyuwangi tumbuh secara dahsat menjadi Smart City/Smart Kampung dan menjadi budaya bagi masyarakat Banyuwangi. Sehingga bisa dikatakan, Smart City merupakan kebutuhan karena telah mengubah pola pikir masyarakat ke arah positif. (IRM5

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply