Ikuti Ajang Kontes Ikan Hias Digelar Oleh Dinas Pertanian

Ikan CupangTangselMedia.com – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Tangsel berencana membuat ajang kontes ikan hias berbarengan dengan acara gerakan makan ikan pada bulan November 2016 nanti.

Menurut Dadang Raharja selaku Kepala DPKP Tangsel menerangkan bahwa geliat usaha agribisnis perikanan baik ikan hias ataupun ikan konsumsi selalu menunjukkan peningkatan antusias di masyarakat. Khususnya bagi masyarakat di wilayah Tangsel. Seiring dengan tren memelihara dan mengembangkan ikan hias yang tiap saat semakin meningkat, sama halnya dengan ikan konsumsi.

Dengan alasan itu, pihak Dadang berencana mengadakan kontes ikan hias yang nantinya ikut mendaftar dari berbagai kelompok budidaya ikan hias yang berada di Tangsel.

Oleh karena itu, dari sekarang pihak Dadang melakukan kerjasama dengan pihak swasta agar mensukseskan ajang kontes ini. Dalam penentuan masalah lokasi masih dalam tahap pencarian tempat kontes ikan hias.

Dadang mengungkapkan bahwa pihaknya masih mencari-cari lokasi ajang kontes ikan, apakah bekerjasama dengan tempat perbelanjaan atau mall yang berlokasi di Tangsel. Ataupun diselenggarakan di lapangan terbuka dengan menggunakan tenda.

Sementara para pecinta ikan hias di Tangsel cukup banyak yaitu terdapat sekitar 50 hingga 60 pembudidaya ikan hias, sehingga DPKP berencana mengadakan kontes tersebut. Namun dalam kontes nanti tidak semua jenis ikan hias diikutsertakan, jadi hanya ikan cupang saja. Sebanyak 1500 ikan cuoang akan dihadirkan dari berbagai pembudidaya ikan yang ada di Tangsel, sambung Dadang.

Menurut Dadang, tujuan penyelenggaraan kontes ikan tidak hanya mengadakan lomba ikan hias, namun juga mempertemukan seluruh potensi baik ikan hias dan ikan konsumsi di Tangsel sekaligus mempertemukan antara pembudidaya ikan dengan semua stakeholder di bidang ikan hias dan ikan konsumsi sebagai upaya mendorong roda perekonomian khususnya melalui komoditas ikan hias.

Diharapakan dengan diselenggarakan kontes ikan hias mampu meningkatkan nilai jual komiditas ikan hias, sambung Dadang. Selain itu, dapat menummbuhkan minat dan kecintaan masyarakat terhadap ikan hias agar memberikan nilai edukasi agar generasi penerus lebuh memahami serta mencintai lingkungan hidup semaksimal mungkin.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

One Response

  1. author

    ipsanseno10/05/2016 at 2:59 amReply

    Kapan mau d adakan ontes ikan cupang??

Leave a Reply