Jaga Warisan Kebudayaan Bangsa

Opini 0

Cinta IndonesiaTangselMedia.com – Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai kebudayaan yang sangat beraneka ragam baik jumlahnya maupun keanekaragamannya.

Karena keanekaragaman tersebutlah indonesia menjadi daya tarik bangsa lain dari belahan dunia bahkan tidak sedikit mereka juga mempelajarinya karena selain beraneka ragam budaya Indonesia, kebudayaan Indonesia dikenal sangat unik.

Dilihat dari berbagai keunikan baik dari corak budaya adat istiadat suku daerah, budaya lokal, kesenian ditiap-tiap daerah yang mempunyai kebudayaan yang berbeda-beda.

Peran kita sebagai warga negara Indonesia sudah seharusnya dapat melestarikan kebudayaan dengan cara mengenal budaya itu sendiri. Dengan langkah tersebut, setidaknya kita dapat mengantisipasi pencurian kebudayaan yang dilakukan oleh negara – negara lain.

Penyakit masyarakat yang berkembang saat ini ialah mereka terkadang tidak bangga terhadap produk atau kebudayaannya sendiri. Kita lebih bangga terhadap budaya-budaya impor yang sebenarnya tidak sesuai dengan budaya kita sebagai orang timur. Sehingga salah satuyang terkena dampaknya adalah budaya daerah banyak hilang dikikis zaman. Oleh sebab kita sendiri yang tidak mau mempelajari dan melestarikannya. Akibatnya kita baru bersuara ketika negara lain sukses dan terkenal dengan budaya yang mereka curi secara diam-diam.

Ada berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk mendorong pelestarian budaya, yakni sebagai berikut. Pertama menumbuhkan kesadaran kepada masarakat tentang pentingnya budaya sebagai jati diri bangsa.

Kedua ikut melestarikan dan mempelajari budaya dengan cara berpartisipasi dalam pelaksanaannya, seperti menggunakan produk, mendalami kebudayaan Indonesia, dan lain sebagainya.

Ketiga mensosialisasikan kepada orang lain sehingga mereka tertarik untuk ikut menjaga atau melestarikannya.

Selain itu peran pemerintah dalam melestarikan budaya bangsa juga sangatlah penting. Bagaimanapun pemerintah memiliki peran yang cukup strategis dalam upaya pelestarian kebudayaan daerah ditanah air. Pemerintah harus mengimplementasikan kebijakan-kebijakan yang mengarah pada upaya pelestarian kebudayaan nasional.

Salah satu kebijakan pemerintah yang pantas didukung adalah penampilan kebudayaan-kebudayaan daerah disetiap event-event akbar baik tingkat nasional maupun internasional, misalnya tari-tarian, lagu-lagu daerah, kesenian daerah, permainan klasik yang dimiliki oleh tiap-tiap daerah dan sebagainya. Kemudian, berikan dukungan sepenuhnya kepada pegiat kebudayaan Indonesia agar mereka tetap komit dan terus melestarikan kebudayaan bangsa hingga penjuru dunia. Semua itu harus dilakukan sebagai upaya pengenalan kepada generasi muda, bahwa budaya yang ditampilkan itu adalah warisan dari leluhurnya, bukan berasal dari negara tetangga.  (Awadudin Angkrih)

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply