Jenis Sayuran yang Bagus Dikonsumsi untuk Ibu Hamil

Kuliner, Nasional 0

Ibu hamilTangselMedia.com – Menu sayuran tidak boleh dilewati untuk dikonsumsi oleh wanita hamil, selain menu wajib seperti protein, lemak dan karbohidrat. Sebab sejumlah vitamin dan mineral penting untuk janin terdapat pada sayuran.
Berikut ini adalah sejumlah jenis sayuran yang memiliki kandungan nutrisi penting untuk ibu dan janin. Maka sebaiknya konsumsi sayuran tersebut bergantian setiap hari untuk manfaat maksimalnya.
1.Ubi manis

Macam-macam jenis ubi seperti ubi putih, kuning dan merah barang tentu sudah kaya akan vitamin A, potassium dan serat. Sedangkan potassium sendiri sangat diperlukan untuk persiapan saat ibu menyusui. Kemudian dari seratnya baik untuk melancarkan BAB yang umum terjadi saat ibu hamil.
Kandungan daru ubi yaitu kaya akan vitami B6 dimana membantu pembentukan sel darah merah pada janin serta mencegah mual di pagi hari.

2.Sayuran berdaun hijau
Sayuran berdaun hijau sangat baik untuk wanita hamil bagi tumbuh kembang janin. Seperti sawi, bayam, daun singkong bergantian setiap hari. Sayuran ini memiliki kandungan kaya akan folat dan kalsium juga mikronutrien seperti mangan, potassium, serat, zat besi dan sejumlah vitamin.

3.Brokoli

Banyak wanita hamil kurang suka dengan aroma tajam brokoli. Brokoli memiliki kandungan akan kaya akan kalsium dan folat. Selain itu juga tinggi serat, antioksidan, zat besi dan mikronutrien lain. Sehingga brokoli masuk kedalam golongan sebagai superfood bagi wanita hamil. Meskipun nafsu makan naik turun, ada baiknya mengkonsumsi brokoli dengan cara memasak yang berbeda-beda setiap disantap, seperti dengan cara ditumis, campuran sup, salad atau dipanggang dengan taburan keju.

4. Tomat

Buah berwarna merah segar ini dengan mudah didapat dengan harga terjangkau. Banyak olahan yang bisa menggunakan tomat sebagai menu utama atau sebagai makanan pendamping. Seperti membuat segelas jus tomas segar, campuran salad ataupun sebagai campuran sup. Di dalam sebuah tomat terkandung tinggi vitamin C dan zat besi juga antioksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan selama masa kehamilan.

5. Bit
Bit terkandung kaya akan asam folat, vitamin C dan zat besi. Peran sayuran berwarna ungu ini dapat membantu mengangkat racun dalam tubuh agar hati berfungsi optimal, serta melancarkan pencernaan ibu hamil. Sayuran bit cocok diolah sebagai campuran salad, sup krim atau campuran jus buah dan sayuran.

6. .Paprika
Ternyata satu buah paprika mengandung kurang lebih 209 mg vitamin C atau tiga kali lebih banyak dari jeruk. Bagi ibu hamil yang ingin mengkonsumsi paprika bisa diolah dengan cara ditumis, sebagai campuran salad atau dipanggang. Sebab kandungan Vitamin C sangat diperlukan untuk membantu penyerapan zat besi.
Tidak semua makanan disukai dan dapat dimakan oleh wanita yang sedang hamil. Namun, demi tumbuh kembang janin sayuran harus dikonsumsi setiap hari. Konsumsi sayuran sebagai menu wajib Anda dan terapkan bergantian setiap hari dengan berbagai olahan agar yang mampu menarik selera.

 

Sumber: detik.com

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply