Kangen Kue Rangi? Dantang Saja ke Gading Serpong

Kuliner

TangselMedia.com – Betawi adalah salah satu budaya Indonesia yang nyentrik dan menarik. Nyentrik dengan ragam tarian, nyanyian, bahasa dan adatnya. Menarik dengan ragam kuliner yang jarang Anda temukan di daerah lain kecuali tanah betawi itu sendiri. Seperti di Gading Serpong, tanah Banten yang masih terasa suasana Betawi ini memiliki kuliner yang ‘Betawi Asli’ yaitu kue rangi. Kue ini dulunya menjadi andalan masyarakat Betawi dan bisa didapatkan dimana-mana.

Kue rangi atau biasanya disebut sagurangi ini adalah salah satu jenis penganan khas Betawi yang masih mudah dijumpai. Kue tradisional ini biasanya dijual oleh pedangan keliling dengan gerobak dorong atau jinjing. Bagi Anda yang tinggal di daerah Serpong dan kangen dengan kue rangin ini, datang saja ke gading Serpong. Walaupun disajikan dengan cara tradisional namun cita rasanya dijamin tidak akan mengecewakan.

kue rangi

Penjual Kue Rangi, Image: Dhini

Kue ini berntuknya seperti kue bandros atau kue pancong hanya lebih kecil dan tipis. Campuran tepung sagu dan kelapa parut menjadi bahan utama. Bahan tersebut kemudian dipanggang dengan api yang sedang. Dulu, api yang digunakan untuk memanggang kue rangi ini harus dari batang kayu supaya pas panasnya. Namun saat ini, Anda bisa menjumpai kue rangi yang dipanggang dengan kompor gas yang sudah bisa diatur apinya. Rasa yang didapatkan sama, selain gurih, kue ini juga wangi dan menggoda selera.

Menariknya, kue rangi ini juga disajikan dengan saus. Saus ini seperti saus yang terdapat pada nasi intip khas Solo yang dibuat dari gula merah, garam dan air sagu. Air sagu yang dicampurkan gunanya untuk mengentalkan saus dan menambah rasa gurih. Bumbunya tidak perlu macam-macam, hanya garam yang ditumbuk hingga halus. Saus ini biasanya ditambah dengan buah-buahan seperti durian atau nangka, tergantung selera Anda. Namun biasanya pedagang hanya akan menyajikan kue rangi dengan saus murni, tidak dengan tambahan buah-buahan atau topping lainnya.

rangiPedagang kue rangi di Gading Serpong tidak hanya satu, Anda bisa menemukannya di sekitar ruko-ruko yang ada. Di pagi hari biasanya pedagang kue rangi ini sudah siap menjajakan kue ranginya di ruko blok A, tepatnya di depan Soto Betawi Haji Maman. Anda tidak perlu menunggu lama, biasanya sang pedangang sudah menyiapkan kue rangi ini yang dibungkus dengan wadah plastik. Satu porsi kue rangi berisi 10-12 kue.

Selain nikmat, penganan tradisional ini harganya sangat bersahabat. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 10.000 rupiah, kue rangi sudah bisa dinikmati. Bagaimana? Apakah Anda sudah tertarik untuk mencobanya? Selain nikmat, kue ini juga mengajak kita mengenal budaya kuliner Indonesia yang sangat khas dengan bumbu yang sederhana namun pas di lidah. Kue ini juga sangat pas untuk dijadikan kudapan sore atau penganan pembuka untuk berbagai acara. Arisan, ulang tahun ataupun pernikahan. Selamat mencoba!

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Comments are closed.