Kaum Hawa, Rajin-Rajinlah Konsumsi Makanan Superfood

Kuliner, Nasional 0

superfoodsTangselMedia.com – Sudah pernahkah Anda mendengar tentang Superfood? Superfood atau disebut juga makanan bernutrisi prima sangat baik dalam menjaga kesehatan. Hampir sama dengan beberapa bahan makanannya dari segi nutrisi sangat baik untuk wanita.

Mulai diperkenalkan sejak beberapa tahun yang lalu, telah banyak makanan sehat yang masuk dalam daftar superfood. Adapun daftar superfood yang disarankan untuk dikonsumsi wanita agar mencegah penuaan dini, kanker, bahkan menambah energy, yaitu:

  • Kefir

Kefir bila dibandingkan dengan yogurt, makanan ini kaya akan protein dan rendah gula. Ciri khas kefir memiliki tekstur creamy dengan bau yang tajam. Fungsi dari kandungan probiotik terdapat dalam kefir membantu mencegah kanker usus. Selain itu, kefir bisa Anda gunakan sebagai pengganti yogurt.

  • Bengkuang

Bengkuang merupakan salah satu jenis umbi-umbian ini memiliki rasa manis dengan tekstur renyah. Bengkuang kaya akan serat yang berperan sebagai prebiotik sehingga membantu memerangi bakteri pada usus. Apalagi kandungan vitamin C mampu  meningkatkan kolagen sehingga mencegah timbulnya keriput.

  • Biji Chia

Biji chia bila dikonsumsi sekitar satu sendok teh mengandung banyak sekali serat setara dengan semangkuk oatmeal. Chia juga kaya akan kalsium, zat besi, dan omega 3 yang baik untuk jantung. Konsumsi biji chia bisa ditambahkan dalam sajian salad, yogurt atau smoothies.

  • Kecambah

Kecambah ternyata kaya akan zat antikanker sulforaphane ditambah lagi memiliki 50 kali lebih banyak dibanding dengan sayuran biasanya. Disarankan dalam mengkonsumsinya, kecambah dibarengi dengan sayuran lainnya atau bisa menjadi isian sandwich ataupun roti.

  • Bawang putih hitam

Proses fermentasi yang terdapat di bawang putih justru membuat rasanya lebih manis. Bawang putih hitam memiliki kandungan  antioksidan dua kali lebih banyak dibanding bawang putih biasa. Antioksidan berperan dalam menurunkan kadar kolesterol serta mengurangi risiko kanker.

  • Kombu

Kombu atau memiliki nama lain ganggang laut kaya akan vitamin K, kalsium, dan nutrisi bermanfaat lainnya bahkan diketahui dapat mencegah kanker payudara. Apalagi serat yang terdapat dalam ganggang laut ini membantu mengusir lemak. Kandungan kalorinya hanya sebanyak 6 kalori. Kombu dapat disajikan bersamaan dengan sup atau mie dan salad.

  • Ragi alami

Ragi alami yang mirip remahan keju ini kaya protein dan mampu meningkatkan kadar vitamin B dalam tubuh sehingga memberikan tenaga ekstra bagi tubuh. Manfaat ragi juga dapat mencegah datangnya penyakit kronis. Ragi alami banyak dijual di toko makanan sehat.

  • Barley

Superfood ini cukup dikenal oleh komunitas gaya hidup sehat sebab rasanya yang manis dan teksturnya yang renyah. Barley mengandung senyawa niacin yang baik untuk kesehatan kulit dan rambut serta dapat mencegah kanker. Serat yang ada pada barley membantu tubuh mengontrol kadar kolesterol.

Meskipun bernutrisi prima, tidak berarti superfood mahal harganya. Bahkan bengkuang, ganggang laut dan makanan fermentasi yang mudah didapat juga luar biasa nutrisinya.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply