Kecamatan Ciputat Gencar Tingatkan SDM Pada Masyarakat

Kursus KomputerTangselMedia.com – Kecamatan Ciputat gencar meningkatkan wawasan warga Ciputat mengenai pemahaman teknologi informasi dan penggunaan internet. Melalui diberikan pelatihan komputer kepada 63 peserta bertujuan supaya mendapatkan informasi yang cepat dan mengetahui cara menggunakan komputer dengan baik.

Atas dasar tujuan tersebut pihak Kecamatan Ciputat mengadakan berupa kegiatan Pelatihan Ketrampilan Komputer untuk warga di 7 Kelurahan yang berada di wilayah Ciputat. Kegiatan pelatihan ini diadakan selama tiga hari.

Camat Ciputat Andi D. Patabai menjelaskan bahwa seluruh peserta yang hadir akan diberikan penjelasan tentang cara penggunaan computer yang baik. Materi yang diberikan antara lain penggunaan internet, Microsoft Word, Excel yang dibimbing langsung oleh Dosen LP3I.

Di akhir pelatihan, seluruh peserta pelatihan akan diberikan sertifikat yang bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan saat bekerja nanti. Tujuan peserta mengikuti pelatihan guna meningkatkan wawasan teknologi khususnya pada masyarakat Ciputat agar melek teknologi, sambung Andi.

Pemerintah mengambil langkah ini agar masyarakat memiliki daya saing tinggi di era teknologi yang serba canggih. Selain itu melalui kualitas SDM yang bagus dan kemajuan teknologi dapat menciptakan Smart City. Dan tentu target tersebut perlu dibuktikan dengan menghasilkan masyarakat yang cerdas, ungkap Andi.

Pelatihan komputer diharapkan mampu mendapatkan pengalaman yang berharga bagi peserta, sehingga mempermudah mereka dalam melakukan tugas di pekerjaannya nanti. Sebab untuk melamar pekerjaan saat ini diperlukan keahlian dan ketrampilan yang diunggulkan pada diri pelamar, sambung Andi.

Andi mengungkapkan bahwa masih ada beberapa peserta yang belum menguasai materi secara keseluruhan. Namun paling tidak mereka sudah mengetahui dasar-dasar dalam pengoperasian komputer seperti bagaimana cara mengakses internet dan mengetik tulisan.

Peserta yang mayoritas di usia muda sangat antusias dalam mengikuti pelatihan yang diberikan oleh pihak Kecamatan Ciputat. Dapat dibuktikan dengan selama tiga hari penyelenggaraan, seluruh peserta hadir. Walaupun ada beberapa peserta yang masih sulit dalam mengoperasikan komputer, peserta tidak malu bertanya.

Para peserta harus aktif bertanya dalam mengikuti kegiatan pelatihan, karena ini merupakan kesempatan emas bagi mereka untuk mempelajari kembali ketrampilan komputer yang dulu mungkin pernah dipelajari sewaktu di sekolah, ujar Andi.

Menurut salah seorang peserta yakni Reni (28) merespon dengan baik atas penyelenggaraan pelatihan komputer tersebut. Reni merasa bersyukur karena dapat mengikuti pelatihan komputer secara cuma-cuma  sekaligus mendapat sertifikat untuk bekal mencari pekerjaan nanti.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply