Kembangkan Pendidikan Karakter Islami, Kepala MAN 1 Tangsel: Kami Ajarkan Keseimbangan IMTAK dan IPTEK

TangselMedia – Pengembangan dan pendidikan karakter Islami bagi para murid melalui pembiasaan dan latihan yang dilakukan setiap hari di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tangerang Selatan atau MAN 1 Tangsel, menjadi hal perlu diapresiasi. Perhatian terhadap pendidikan karakter ini tertuang dalam visi madrasah yaitu: unggul dalam prestasi, kreatif dan Islami. Lebih spesifik lagi, hal tersebut tertuang dalam salah satu misi madrasah: membangun generasi masa depan yang berakhlak mulia.

Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Tangsel, Drs. H. Ridwan. (sumber foto: TangselMedia)

“Sebelum jam pelajaran dimulai, mereka memulainya dengan sholat dhuha, dan itu sudah menjadi rutinitas. Selain itu, ada juga pelaksanaan sholat zhuhur berjama’ah dan dilanjutkan dengan tadarus al-qur’an di masing-masing musholla, putra dan putri”, jelas Drs. H. Ridwan, Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Tangsel kepada TangselMedia, Sabtu 1 April 2017.

Pembinaan tidak hanya dilakukan secara umum kepada seluruh murid di madrasah tersebut, tapi juga secara khusus diberikan pada mereka yang tergabung dalam ekskul Rohis (Rohani Islam) berupa pelatihan khotib jum’at dan pemberian jadwal bagi mereka dalam pelaksanaan sholat jum’at di madrasah, juga bagi murid yang lulusan pesantren ataupun MTs yang memiliki hafalan beberapa juz al-qur’an, disiapkan guru tahfizh yang bisa menjadi partner mereka dalam menjaga dan menambah hafalan qur’an-nya.

Hingga saat ini, MAN 1 Tangsel telah memiliki 17 lulusan. Dan prestasi yang ditorehkan dalam bidang IPTEK pun sudah cukup banyak, dari tingkat kotamadya, provinsi hingga nasional. Diantara prestasi akademik yang ditorehkan oleh murid-murid MAN 1 ini adalah: juara 1 matematika, biologi, ekonomi, geografi; dan juara 2 kimia, pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tangsel 2017.  Bahkan, dalam hal ekstra kurikuler (ekskul) ada 3 ekskul yang sudah mempunyai prestasi dan nama bersar, seperti: Palang Merah Remaja (PMR), Pramuka dan Paskibra.

Perolehan piala-piala baru dari berbagai kompetisi dan kejuaraan yang ditorehkan oleh murid-murid MAN 1 Tangsel. (sumber foto: TangselMedia)

Untuk fasilitas yang ada di MAN 1, terbilang cukup baik dan lengkap. “Ruang kelas kami ber-AC, dan kami juga miliki proyektor digital sebanyak 13 buah. Untuk laboratorium, kami mempunyai 2 lab komputer, 1 lab fisika, 1 lab biologi dan 1 lab bahasa”, papar kepala madrasah yang tinggal di Villa Dago Toll ini menutup pembicaraan. (DBS)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply