Lahan PT Jaya Real Property Berhasil Dibebaskan Untuk Pembangunan Tol Serpong-Kunciran

pembebasan-lahan-untuk-jalan-tol-_110912130735-214TangselMedia.com – Perundingan pembebasan lahan milik PT Jaya Real Property berlokasi di Kelurahan Jombang, Kecamatan Ciputat terkesan alot, akan tetapi ujungnya berhasil dibebaskan demi pembangunan Tol Serpong-Kunciran.

Jumlah tanah yang dibebaskan milik pengembang Bintaro itu, ada 22 bidang yang ditaksir sekitar Rp 71,2 miliar. Perundingan sebelumnya  pada watktu masih menjadi tangung jawab Pemkot Tangsel, dalam tahap negosiasi kerap mengalami kebuntuan. Tetapi setelah tanggung jawab pembebasan diserah terima ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Tangsel, pengembang Bintaro itu mulai membuka jalan keluar.

Menurut Sekretaris Pelaksana Pengadaan Tanah Tol Serpong-Kunciran dari BPN Kota Tangsel menjelaskan bahwa tahap pembayaran pembebasan lahan itu telah memasuki tahap ketiga. Pihak BPN bayar tahap ketiga pada akhir bulan Januari lalu untuk ppembebasan lahan Kelurahan Jombang termasuk tanah PT. Jaya Real Property.

Pembebasan lahan di Kelurahan Jombang telah dirampungkan saat tahap pertama yakni pada tanggal 28 Desember 2015. Lahan yang dibebaskan terdiri dari 23 bidang dari 104 bidang dan nilainya mencapai Rp 200 miliar, sambung Gholib. Selanjutnya tahap kedua untuk pembebasan lahan Tol Serpong-Cinere dilakukan tanggal 31 Desember 2015 dengan lahan yang dibebaskan sebanyak 84 bidang bernilai Rp 97 miliar. Sementara di Jombang sendiri, lahan pembebasan Tol Serpong-Kunciran sebanyak 359 bidang tanah.

Alen Saputra selaku Kepala BPN Kota Tangsel mengaku bersyukur dan lega terhadap proses pembebasan lahan Tol Serpong-Kunciran yang semakin terselesaikan. Alen juga meminta kepada warga agar membantu tugas BPN untuk proses pembebasan lahan.

Menurut Alen, kondisi pembebasan lahan saat ini, Pemerintah sangat menghargai cukup mahal dibandingkan dengan hitungan tahun sebelumnya. Sebab sekarang banyak aspek yang dihitung selain kalkulasi, seperti biaya bangunan gedung, tanah dan taman, biaya tunggu, biaya sosial, biaya transaksi apabila mereka pindah serta biaya ekonomi. Semua aspek tersebut kami hargai jadi jangan takut dengan program pembebasan lahan itu.

Fakta di lapangan, keberadaan Tol Serpong-Kunciran terdiri dari delapan kelurahan di Kota Tangsel dengan panjang 10,14 kilometer. Adapun kelurahan yang terkena dampak proyek, antara lain Kelurahan Jombang, Pakujaya, Jelupang, Parigi baru, Parigi Lama, Rawa Mekar Jaya Pondok Jagung Timur, dan Pondok Jagung.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply