Mahasiswa UIN: Peduli Lingkungan dengan Sebar 1.000 Pohon

Tanam PohonTangselMedia.com – Masih dalam rangkaian penyelenggaraan talkshow “Melihat Alam Indonesia Dengan Lensa Kamera” dan Galapremiere Film Dokumenter MDPL di Auditorium Harun Nasution UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, hari Selasa (10/11) lalu, 5thCreative Video DNK TV UIN Jakarta melaksanakan kegiatan peduli lingkungan dengan aksi penanaman 1.000 pohon, dimana bekerjasama dengan Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Tangerang Selatan dan KMPLHK RANITA UIN Jakarta.

Kegiatan penanaman dilakukan pada lahan terbuka di Jalan Tol Bintaro-Jakarta, Rawa Buntu, Tangerang Selatan dengan melibatkan seluruh anggota DNK TV UIN Jakarta dan dukungan dari relawan mahasiswa baik dari dalam maupun luar kampus UIN Jakarta. Pembukaan kegiatan penanaman 1.000 pohon sebelumnya dibuka secara simbolis yang ditandai dengan penyerahan pohon siap tanam dari Wakil Rektor Tiga Bidang Kemahasiswaan, Prof. Dr. Yusron Razak, MA kepada Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Dr. Ir. Amir Wardhana, M.Sc.

Ahmad Fauzan sebagai Ketua Pelaksana menjelaskan bahwa kegiatan penanaman 1.000 pohon bertujuan agar memberikan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan. Apalagi mengelola alam Indonesia yang sangat kaya ini butuh aksi nyata selain dengan pemberian talkshow beberapa waku lalu, sambung Ahmad.

Serangkaian kegiatan yang dilakukan merupakan salah satu upaya menyambut Hari Menanam Pohon Nasional yang jatuh setiap 28 November. Sesuai dengan keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008 tentang Hari Menanam Pohon Indonesia, bahwa setiap tahun pada tanggal 28 November diadakan peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN).

Panitia telah menyediakan berbagai jenis bibit pohon, antara lain pohon-pohon penyangga seperti pohon Afrika dan Trembesi, lalu ada pohon buah seperti Rambutan, Alpukat, Sirsak, Sukun dan beberapa pohon buah lainnya.

Berkenaan dengan kegiatan ini, pihak BLHD Kota Tangsel memberi respon positif. Menurut Edy Santoso selaku Petugas Patroli BLHD Tangerang Selatan menyatakan bahwa pihak mereka merespon positif mendukung seluruh kegiatan ini. Apabila ada kegiatan penanaman pohon kembali di masa yang akan datang, pihak mereka akan mendukung baik dengan tenaga maupun akomodasi.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply