Masjid Bani Umar Bintaro, Megah dan Unik

Wisata 0

masjid bani umar bintaroTangselMedia.com – Masjid raya bani umar ini terletak di Graha Bintaro Raya,  Tangerang Selatan. Masjid  ini diresmikan oleh Presiden RI tanggal 10 Oktober 2008. Masjid ini termasuk salah satu masjid yang menunjukkan kegiatan dan aktivitas kearah yang baik. Banyak kegiatan yang sudah diselenggarakan oleh pengurus masjid dalam rangka memakmurkan masjid bani umar ini, serta memberikan sarana dan juga fasilitas kepada jamahnya demi meningkatkan pengabdiannya kepada sang Pencipta.

Dari Masjid yang unik ini umat Islam juga  dapat memperoleh pencerahan tentang  kehidupan yang Islami yang terkait dengan aspek sosial, ekonomi, maupun budaya. Namun tentu saja masjid ini bisa menempatkan posisi netral dalam kancah perpolitikan di Indonesia. Dimasjid Raya Bani Umar ini  juga dapat diselenggarakan upacara akad nikah sekaligua acara resepsi pernikahan dan memperoleh nasehat mengenai kiat – kiat membina kehidupan rumah tangga.

Masjid raya bani umar ini memiliki tampilan yang unik yang berbeda dari masjid pada umumnya. Masjid ini dibangun oleh keluarga Umar Wirahadikusuma yang dahulu pernah menjabat sebagai wakil presiden pada tahun 1983 – 1988. Masjid ini memiliki menara setinggi 59,62 meter, dan nampak begitu mewah dan megah. Bukan hanya dari arsitekturnya, namun tata lighting serta dominasi warna orange begitu mempesona yang menjadi daya tarik tersendiri. Banyak fasilitas yang disediakan oleh yayasan bakti Djayakusumah mulai dari keperluan ibadah sampai sosial kemsyarakatan seperti ruang rapat, ruang pertemuan, klinik, ruang belajar serta beberapa ambulance.

Masjid ini berdiri pada lahan seluas 1,2 hektar, dengan desain interior dan juga pernik – perniknya yang dapat mempercantik masjid yang katanya menghabiskan 2 milyar ini. Selain interiornya yang menakjubkab, hamparan karpet yang berwarna merah marun dapat ditemukan di lantai dua yang menjadi ruang utama masjid raya bani umar ini. Di masjid ini juga ada ruang tambahan sholat yang berada di lantai tiga. Sedangkan lantai dasarnya dijadikan tempat untuk aula dan toilet serta tempat wudhu yang juga sangat bagus.

Ornamen kaligrafi yang bertuliskan Allah Subhanahu Wata’aladan Muhammad Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam terlihat indah menghiasi dinding marmer di sisi kiblat.

Bagi saudara-saudara sekalian yang saat ini berada di kawasan Bintaro sektor 12, tepatnya di jalan raya Graha Raya Bintaro, Tangerang Selatan tempat masjid ini berdiri,  jangan sungkan-sungkan untuk mampir saat waktu sholat tiba. Namun jika memang belum saatnya adzan tiba, tak ada salahnya jika anda berwisata menikmati keindahan masjid raya bani umar ini. Masjid ini diarsitekturi oleh Fauzan Ahamd Noe’man, lokasinya pun berdekatan dengan kantor kecamatan Pondok Aren, serta belasancluster mewah milik pengembang ternama Bintaro Jaya dan BSD City. Demikian uraian singkat mengenai Masjid Raya Bani Umar Tangerang Selatan.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply