Mengukur Potensi Bisnis di Tangerang Selatan sebagai Kota Pendukung Jakarta

TangselMedia.com – Banyak yang menyatakan bahwa Tangerang Selatan atau Tangsel adalah bagian dari Jakarta. Sebab segala kegiatan dan keramaian yang ada di kedua kota tersebut mempunyai persamaan. Bahkan bisa dikatakan sudah tidak ada perbedaan lagi.

Foto: tangeranghits

Foto: tangeranghits

Tetapi yang lebih penting lagi adalah potensi yang dimiliki oleh kota yang sangat berdekatan dengan Jakarta Selatan ini juga sangat besar, terutama sekali potensi bisnis.

Sekilas tentang Tangsel

Tangsel merupakan sebuah daerah yang terletak pada posisi koordinat 106’38’-106’47’ bujur timur serta 05’13’30’ lintang selatan. Di utara berbatasan dengan DKI Jakarta, selatan Bogor dan Depok, barat Depok dan DKI Jakarta.

Kondisi topografinya tergolong datar dengan tingkat kemiringan sekitar 0-3%. Suhu udarnya hangat dan mempunyai tingkat intensitas cahaya matahari sebanyak 49%.

Bulan Januari jadi bulan yang curah hujannya paling tinggi di Tangerang Selatan, sedangkan temperatur suhunya yang paling dingin terjadi bulan Oktober dan paling hangat pada bulan Februari.

Sebagian besar penduduk yang mendiami daerah ini merupakan suku Banten, Sunda, Betawi, Jawa dan beberapa suku lain termasuk Tionghoa. Sedangkan bahasa yang dipakai sehari-hari dalam percakapan adalah bahasa Indonesia, Sunda, Betawi, Banten, dan Jawa.

Potensi Bisnis yang Ada

Tangsel merupakan sebuah kota yang belum lama terbentuk karena baru diresmikan pada 29 Oktover 2008. Meski demikian, kota ini mempunyai potensi yang sangat luar biasa di bidang bisnis, terutama sektor yang berhubungan dengan properti, jasa hingga perdagangan.

Tangerang Selatan adalah sebuah kota yang luas tanahnya tidak terlalu luas namun memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak, lebih dari satu juta jiwa.

Keterbatasan lahan yang akan dijadikan pemukiman inilah yang kemudian membuat warga kota tersebut harus memilih atau membangun rumah secara vertikal seperti rumah susun atau apartemen.

Kondisi ini dilihat sebagai suatu peluang bisnis yang sangat prosepektif, terutama oleh mereka yang suka menanamkan modalnya di bidang real estate dan perumahan atau properti. Karena bagaimanapun juga Tangsel sudah berkembang jadi kota pendukung Jakarta. Apalagi daerah ini mempunyai kemampuan dan pertumbuhan ekonomi yang sangat bagus.

Tidak hanya bidang properti, Tangerang Selatan juga penuh dengan berbagai jenis usaha komunikasi dan jasa dan mendapat sokongan dari industri perhotelan dan restoran.

Hal inilah yang menjadi indikasi bahwa sektor lainnya seperti jasa perbankan, persewaan, perdagangan dan sebagainya memiliki prosepek yang sangat bagus untuk dikembangkan di kota ini.

Kelebihan dan Masalah yang Dihadapi Tangsel

Dilihat dari sudut mata kepentingan bisnis, Tangsel mempunya fasilitas umum yang termasuk sangat lengkap, mulai sekolah, pusat perbelanjaan, perumahan, rumah sakit, perkantoran dan sebagainya semua tersedia.

Namun yang patut disayangkan adalah terdapatnya beberapa fasilitas umum yang kondisinya sudah rusak misalnya jalan-jalan utama. Oleh karena itu, agar mampu meningkatkan investasi serta pergerakan ekonomi, Pemkot Tangerang Selatan harus secepat mungkin menyelesaikan masalah ini, sebab jalan umum merupakan sarana paling vital bagi transportasi dan hubungan dengan daerah lain.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply