Milih Kuliah di Tangsel? Ke Perguruan Tinggi Negeri/ Kedinasan Saja!

TangselMedia.com – Meski lebih dikenal sebagai kota industri dan niaga serta jasa, namun sebenarnya Tangerang Selatan juga pantas mendapat julukan sebagai kota pendidikan. Coba saja lihat ada berapa banyak sekolah yang berdiri di Kota Tangerang Selatan. Diperkirakan keseluruhannya lebih dari 240 sekolah.

Tidak cukup sampai di sini, kota yang berdekatan dengan Jakarta Selatan ini juga mempunyai perguruan tinggi atau universitas yang jumlahnya mencapai puluhan, dari yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta. Adapun perguruan tinggi yang dipunyai oleh pemerintah adalah sebagai berikut.

Perguruan Tinggi Negeri

Salah satu perguruan tinggi negeri yang berada di Kota Tangerang Selatan adalah Universitas Islam Negeri atau UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Meski menggunakan nama Jakarta, tetapi pada kenyataannya universitas tersebut berlokasi di kawasan Ciputan Tangsel.

Perguruan tinggi negeri ini secara resmi baru berdiri pada tahun 2007. Tapi jauh sebelumnya sudah ada beberapa tahapan perintisan yang dilakukan sejak tahun 1957. Tujuan pendiriannya adalah untuk menciptakan sarjana-sarjana yang memiliki keahlian sekaligus imam yang kuat dan sesuai nilai-nilai ajaran Islam.

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara

sekolah tinggi akuntansi negaraPerguruan yang berlokasi Jalan Bintaro Utama Sektor V Tangerang Selatan ini dikelola oleh Departemen Keuangan. Sistem pengajarannya bersifat kedinasan, sehingga semua lulusannya memiliki ikatan dinas bekerja di instansi atau direktoran yang bernaung di bawah depertemen tersebut.

Dari dulu hingga saat ini Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau STAN terus menjadi pilihan favorit bagi lulusan SMU atau SMK yang mau melanjutkan pendidikannya pada jenjang yang lebih tinggi. Apalagi perguruan tinggi negeri yang satu ini tidak membebani biaya bagi semua mahasiswanya. Bahkan segala kebutuhan seperti buku dan alat tulis lainnya disediakan secara gratis.

Tapi yang paling penting adalah STAN merupakan salah satu perguruan tinggi yang memiliki reputasi paling bagus di tanah air. Tujuan utama dari pendirian perguruan ini memang untuk mencetak sarjana yang berkualitas terutama di bidang keuangan dan akuntansi.

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

akademi meteorologi dan geofisika

akademiSelain STAN, masih ada satu perguruan tinggi negeri di Tangerang Selatan bernama STMKG atau Sekolah Tinggi Meteorologi dan Geofisika yang berlokasi di Jl. Perhubungan I Nomor 5 Komplek Meteo BMKG, Pondok Betung Bintaro Tangsel.

Pendiriannya bertujuan mencetak tenaga ahli untuk memberikan dukungan terhadap tugas-tugas yang diemban BMKG atau Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. BMKG sendiri merupakan sebuah lembaga yang selama ini menjadi acuan dalam pemberian informasi pada masyarakat terkait dengan infor meteorologi, klimatologi dan geofisika serta kualitas udara.

Tujuan lainnya adalah menghasilkan lulusan yang mempunyai tingkat kompetensi tinggi pada bidang-bidang sesuai dengan ilmu yang diterimanya. Disamping itu, juga memiliki standar nasional sekaligus internasional.

Tidak berbeda dengan STAN, perguruan tinggi milik negara di Tangerang Selatan ini bersifat ikatan dinas. Jadi lulusannya akan ditugaskan dan ditempatkan di lembaga-lembaga maupun instansi yang dikelola oleh BMKG atau badan yang punya kerja sama dengan BMKG. Selain itu biaya kuliahnya juga gratis.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply