Museum Benteng Heritage Tangerang

Wisata

museum heritageTangselMedia.com – Tangerang Selatan yang dahulunya merupakan bagian dari karesidenan Batavia tidak lepas dari jejak-jejak sejarah. Karena itulah di Kota Tangerang Selatan bisa kita temukan beberapa tempat yang sarat akan sejarah, serta sebagai saksi sejarah masa lampau. Salah satu tempat sejarah itu adalah Museum Benteng Heritage. Bangunan yang berasitektur khas Tionghoa ini merupakan satu satunya museum restorasi yang ada di Indonesia.

Museum ini dibangun sebagai tempat menyimpan dan memamerkan bukti-bukti sejarah masa lampau, terutama tentang masuk dan berkembangnya warga keturunan Tionghoa di Tangerang. Museum Benteng Heritage sebenarnya adalah sebuah bangunan tua, bisa dikatakan yang tertua yang ada di kota Tangerang. Diceritakan bahwa bangunan itu sendiri merupakan cikal bakal dari kota Tangerang.

Konon bangunan ini sebelumnya sangat tidak terawat dan mulai termakan usia. Akan tetapi berkat Udaya Halim seseorang yang peduli pada sejarah masa lampau yang kemudian mengambil alih dan mulai merestorasi bangunan ini.

Pengorbanannya yang tidak sedikit serta kegigihannya dalam mengembalikan bentuk asli dari bangunan ini patut diapresiasi. Restorasi pembangunan yang memakan waktu sekitar 2 tahun ternyata tidak sia-sia, berbagai informasi yang dikumpulkan mulai dari penduduk lokal hingga keluar negeri pun dilakoni oleh Udaya Halim. Hal tersebut demi untuk mengumpulkan kepingan-kepingan informasi tentang bangunan ini pada jaman dahulu.

heritageMuseum ini menyimpan banyak kenangan masa lalu seperti benda-benda berharga serta bukti sejarah kebudayaan etnis Tionghoa yang ada di Tangerang. Disini kita bisa belajar mengenal bagaimana masyarakat China pada zaman dahulu mulai berbaur dengan penduduk asli yaitu suku melayu.

Museum ini juga diisi dengan berbagai bukti sejarah seperti foto-foto yang dilengkapi dengan perangkat multimedia sehingga pengunjung bisa menyaksikan berbagai dokumentasi serta proses bagaimana bangunan ini kembali dibuat sebagaimana bentuk aslinya dulu. Kita bisa menyaksikan foto-foto bukti sejarah tersebut di lantai 1, selain foto-foto bukti sejarah, disini kita juga bisa menemukan berbagai jenis ukuran-ukiran melayu.

Kemudian, jika anda naik ke lantai 2, disana tersimpan dokumentasi sejarah kebudayaan China Benteng berupa berita serta artikel dan berbagai tulisan mengenai perkembangan warga Tionghoa di Indonesia yang ditulis oleh Oey Kim Tiang. Cina Benteng adalah sebutan untuk mereka yang lahir dari keturunan Tionghoa yang kemudian tinggal dan menetap di dekat Sungai Cisadane Tangerang. Sebutan tersebut muncul karena terdapat sebuah benteng yang dibangun oleh kolonial Belanda di sepanjang kali pada zaman dahulu.

SONY DSC

Museum Benteng Heritage berada di Jalan Cilame No.20 Pasar Lama Tangerang. Museum ini bisa dikunjungi mulai dari hari selasa hingga hari minggu. Sedangkan hari senin tempat ini tidak dibuka untuk umum. Jika anda tertarik dan ingin berkunjung ke tempat ini untuk mempelajari berbagai hal mengenai sejarah suku Tionghoa anda tidak perlu khawatir karena di Museum Benteng Heritage telah disediakan tour guide yang akan membantu anda mengelilingi museum serta menjelaskan berbagai hal yang berkaitan dengan sejarah masa lampau. Atau, anda juga bisa mengaksesnya di website resminya www.bentengheritage.com.

Credit image from  bentengheritage.com

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Comments are closed.