Para Aparat Kelurahan harus Ditingkatkan Kualitas SDM

Orang Dewasa BelajarTangselMedia.com – Aparat di kantor Kelurahan dan Kecamatan harus ditingkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)-nya. Langkah ini perlu dilakukan supaya pelayanan kepada masyarakat semakin baik dibanding sebelumnya.

Ketua Komisi I DPRD Kota Tangsel, Taufik MA menjelaskan bahwa saat ini yang menjadi perhatian Komisi I adalah mengenai SDM yang ada di pemerintah. Terutama di tingkat kelurahan dan kecamatan, karena mereka langsung bersinggungan dengan masyarakat.

Menurut Taufik, sebagai garda depan pelayanan masyarakat, baik aparat kelurahan dan kecamatan perlu berbenah diri dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Selain itu, seperti Plt lurah yang masih ada dan para Kasie Kelurahan yang harus ditingkatkan SDM serta ada pengakuan status sebagai PNS, harus segera dijalani program tersebut secepatnya.

Apabila semua komponen sudah baik, maka kinerja aparat kelurahan dan kecamatan dapat menjadi tim yang unggul dan terukur setiap perencanaannya. Sehingga masyarakat dapat menerima dampak positif dari proses peningkatan SDM nanti, sambung Taufik.

Taufik sendiri juga masih terus menjalankan fungsi dari pengawasan terutama periode pemerintahan baru nanti pasca Pilkada Tangsel. Sehingga seluruh Satuan Kerja Perangkat (SKPD)di Tangsel dapat menyerap anggaran secara tepat guna dan tepat sasaran.

Kemungkinan ada perencanaan baru di Pemerintahan periode baru pasti ada. Maka, pihak Taufik perlu semakin sering melakukan pengawasan terhadap kinerja pemerintah untuk tercapai penyerapan anggaran dengan baik, sambung Taufik.

Di lain pihak, Anggota Komisi I DPRD Kota Tangsel, Saprudin menjelaskan bahwa terkait dengan peningkatan SDM tidak hanya di tingkat Kelurahan dan Kecamatan yang ada. Akan tetapi perlu juga peningkatan SDM pada tingkat SKPD.

Selama ini pemerintah telah fokus menangani tentang pembangunan fisik atau infrastruktur kota, dan sekarang adalah saatnya agar pemerintah beri perhatian kepada peningkatan SDM. Apalagi di masa yang akan datang, masyarkat harus siap dihadapkan dengan era digital. Oleh karena itu dari SDM juga perlu dipersiapkan dengan matang,ungkap Saprudin.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply