Pelatihan Budidaya Tanaman Anggrek di Tangerang Selatan

Ekonomi 0

TangselMedia.com – Bunga merupakan tanaman hias yang disukai oleh beberapa orang, terutama kaum perempuan. Dengan berbagai jenis bunga yang ada saat ini membuat beberapa kalangan memikirkan untuk belajar budidaya, dengan maksud dan tujuan adalah untuk Bisnis, dikarenakan banyak tanaman Bunga yang sedang digandrungi kebanyakan orang perempuan di Indonesai, Pemerintah Tanggerang Selatan memiliki inisiatif membantu warga untuk menjalakan bisnis ini dengan melatih beberapa warganya untuk membudidayakan bunga, bunga yang dibudidayakan ini adalah bunga anggrek yang menjadi ikon dari Kota Tanggerang Selatan ini.

Pangsa pasar yang menjanjikan tentu akan membuat tingkat perekonomian kota Tanggerang Selatan ini menjadi meningkat, disamping itu budidaya Bunga Anggrek tergolong mudah dan pemasaran yang cukup mudah karena juga telah dibantu oleh Pemerintah Kota Tanggerang Selatan. Walikota Airin Rachmi menjelaskan bahwasanya budidaya Bunga Anggrek Vanda Douglas telah menjadi unggulan, disamping itu tidak memerlukan lahan yang begitu luas. Beliau juga telah membentuk Kelompok Tani (Gapotan) yang bisa dijadikan wadah dari para petani Bunga Anggrek sekaligus memudahkan dari Pemerintah Kota Tanggerang Selatan untuk pengawasan dan memberikan beberapa Pelatihan lanjutan dari Budidaya Bunga Anggrek ini.

pelatihan budidaya bunga anggrekSelain memberikan latihan dan arahan terkait Budidaya Tanaman Anggrek di Tangerang Selatan, pemerintahnya juga memberi modal bagi para penati Bunga Anggrek dan beberapa bibit Bunga Anggrek. Bahkan Pemerintah Kota Tanggerang tengah menyiapkan sebuah lahan budidaya Bunga Anggrek di kawasan Ciater, kelurahan Serpong untuk dijadikan lahan tanam bagi para petani Bunga Anggrek atau dari warga Tanggerang Selatan.

Banyaknya pesanan seperti kata kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dadang Rahaedja, “Setiap tahunnya permintaan Bunga Anggrek dipasaran meningkat dari 5,5 juta tangkai pada tahun 2012, berlanjut pada 2013 sebanyak 6 juta tangkai Bunga Anggrek, sementara pada tahun 2014 pemerintah Kota Tanggerang Selatan menarjetkan lebih dari juta tangkai akan dipasarkan. Pemerintah Kota Tamggerang selatan akan menarjetkan pemasaran Bunga Anggrek ke berbagai kota seperti JABODETABEK dan kota kota di luar pulau jawa yang lain. Dadang (Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan) menjelaskan bahwa Pemerintah kota Tanggerang selatan juga tengah mengembangkan penanaman Bunga Anggrek Genta Tangsel Tanggerang Selatan) yang menjadi Khas Bunga Anggrek dari Kota Tanggerang Selatan, soalnya Bunga Anggrek dari Tanggerang Selatan berbeda dengan Bunga Anggrek yang ada di daerah yang lainnya.

Untuk seluruh warga yang mendapat pelatihan budidaya Bunga Anggrek akan diberikan cara untuk menanam dan mengembangkan Bunga Anggrek sebagai tanaman hias, yakni meliputi teknik mrangkai pada saat mengikuti pelatihan budidaya Bunga Anggrek Ini. hal ini dilakukan agar Warga menjadi pribadi yang mandiri dengan bantuan Budidaya Tanaman Anggrek di Tangerang Selatan.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply