Pelayanan Kesehatan di Kota Tangsel Semakin Baik, Sebab 7 Puskesmas Diakreditasi

Puskesmas6TangselMedia.com – Sejumlah Puskesmas di Kota Tangsel rencananya akan diakreditasi tahun ini. Oleh Karena itu, pelayanan kesehatan untuk masyarakat memberi dampak positif baik pelayanan dari segi Sumber Daya Manusia (SDM) maupun kelengkapan fasilitas yang tersedia di Puskesmas.

Total Puskesmas yang masuk dalam kriteria akreditasi sejumlah tujuh Puskesmas. Seperti Puskesmas Pamulang, Puskesmas Pondok Jagung, Puskesmas Pondok Aren, Puskesmas Ciputat, Puskesmas Serpong 2, dan lainnya.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangsel, Suharno menjelaskan bahwa keberadaan Puskesmas merupakan pintu masuk pertama yang akan dikunjungi pasien untuk bantuan pengobatan. Sehingga pihak Suharno terus meningkatkan peningkatan pelayanan guna memenuhi kewajiban pada kebutuhan masyarakat. Maka perlu didorong kegiatan akreditasi secara bertahap yang dimulai sejak tahun 2016.

Pihak Suharno belum dapat memastikan secara pasti Puskesmas mana yang akan diakreditasi. Namun yang sudah pasti adalah Puskesmas Pondok Jagung, Pamulang, Pondok Aren, Ciputat, dan Serpong telah masuk kriteria, ungkap Suharno.

Kegiatan akreditasi mewajibkan Puskesmas memiliki sarana infrastruktur yang ada Standar Operasional Prosedur (SOP)nya. Selain SOP, diharuskan mempunyai standar pelayanan serta penguasaan SDM yang mumpuni. Sebab semua kriteria tersebut harus dimiliki agar dapat melayani masyarakat dengan baik.

Suharno menjelaskan bahwa dengan adanya akreditasi pada Puskesmas maka masyarakat dapat dilayani dengan pelayanan paripurna maksudnya Puskesmas bisa melayani 144 jenis penyakit dan pelayanan yang dibutuhkan lainnya.

Langkah pengakreditasian pada Puskesmas bertujuan supaya segala pelayanan yang diberikan dapat memenuhi standar yang ada. Jadi masyarakat lebih dapat terbuka dilayani dengan baik dengan standar yang bagus juga, ungkap Suharno.

Segala persiapan akreditasi sudah mulai dijalani dari bulan Januari ini, dan sekarang telah sampai pada tahap inventarisir, koordinasi dan berbagi informasi. Tujuan kedepannya agar seluruh Puskesmas yang ada mulai tahun 2016 hingga 2019 telah terakreditasi. Lalu untuk Puskesmas selanjutnya akan dirandom mana yang lebih dulu siap, jelas Suharno.

Di lain tempat, Kepala Puskesmas Pondok Jagung, Ririn antusias menyambut kabar akreditasi tersebut. Menurut Ririn sudah selayaknya Puskesmas terakreditasi sebagai peningkatan pelayanan yang optimal bagi masyarakat. Sehingga bila Puskesmas telah terakreditasi, semua pelayanan mulai dari SDM dan lainnya harus bagus. Bahkan semakin baik dari sebelumnya, jelas Ririn.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply