Pemprov Banten Anggarkan Rp 30 Miliar Demi Meningkatkan Wisatawan

Banten, Wisata 0

Liburan3TangselMedia.com – Pemprov Banten tampaknya mengambil langkah serius guna mendatangkan wisatawan baik lokal maupun wisatawan manca negara di tahun 2016 ini.

Pasalnya, Pemprov Banten optimis untuk mencapai target kunjungan wisatawan sekitar 15 juta dari wisatawan lokal serta 200 wisatawan internasional telah menganggarkan Rp 30 Miliar yang akan diberikan kepada Kabupaten dan Kota di Banten, ungkap Kelapa Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Opar Sohari.

Peruntukkan anggaran tersebut, sambung Opar, ditujukan masing-masing Rp 15 miliar yang digunakan sebagai pembangunan infrastruktur, Kemudian sisanya digunakan untuk mengelola seluruh lokasi pariwasata yang berada di Banten.

Sementara itu, Opar mengakui bahwa masih terkendala dalam lemahnya infrastruktur penunjang pariwisata yakni akses jalan menuju area wisata di wilayah Banten Selatan. Sehingga dengan kondisi tersebut, untuk mengembangkan pariwisata di Banten, seluruh kalangan musti mendukung serta berkontribusi penuh, baik dari pemerintahan, peran dari masyarakat serta stakehoders lainnya yang terkait dengan pariwisata.

Adapun instansi berperan menyediakan infrastruktur seperti masalah jalan ditangani oleh DBMTR (Dinas Marga dan Transmigrasi), segi transprotasi dari Dishub (Dinas Perhubungan) serta sektor lainnya, sambung Opar.

Senada dengan Deputi Destinasi dan Industri Kementrian Pariwisata (Kemenpar), Dadang Rizki, menjelaskan bahwa salah satu yang menjadi hambatan kunjungan wisatawan ke Banten adalah lemahnya pembangunan infrastruktur jalan, khususnya jalur pariwisata di Banten wilayah Selatan, seperti di Kabupaten Pandeglang dan Lebak. Sehingga akhirnya menyurutkan minat para wisatawan untuk berkunjung.

Menurut Rizki, hal penunjang lainnya selain infrastruktur yakni belum banyak tersedianya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas baik dari segi soft skills maupun hard skills. Sebab melalui SDM yang mampu memikat hati wisatawan baik dari keterampilan, perilaku yang ramah dan sopan serta menguasai beberapa asing, bukan tidak mungkin para wisatawan akan kembali berkunjung atau mempromosikannya kepada kenalan yang lain.

Sumber: tangselpos.co.id

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply