Peristiwa Unik Muncul di Danau Biru Cisoka Tangerang

Banten, Wisata 0

Danau Cisoka2TangselMedia.com – Peristiwa unik baru-baru ini muncul di Kabupateng Tangerang, yaitu sebuah danau dengan air berwarna biru kehijau-hijauan berlokasi di Cigaru, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang menjadi ricuh warga Kota Tangerang.

Dikarenakan air danau tersebut sering berubah-ubah warnanya. Sehingga danau itu menarik ribuan masyarakat Tangerang maupun di luar Tangerang untuk berbondong-bondong melihat fenomena alam itu.

Bahkan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menyempatkan diri untuk mendatangi lokasi danau bekas gaian pasir yang disebut Telaga Biru. Zaki menjelaskan bahwa hal ini menjadi pekerjaan rumah Pemerintah Daerah agar memperbaiki infrastruktur disini. Paling penting bagi seluruh masyarakat dimana sebelumnya bergantung pada tambang pasir ini akan menjadi potensi baru yang lebih baik tanpa merusak lingkungan. Sekaligus kita jaga dan kelola bersama-sama.

Peristiwa unik dari fenomena alam yang terjadi di danau Telaga Biru dapat dijadikan potensi ekonomi masyarakat sekitarnya. Rencana kedepan diperlukan penataan kawasan danau Telaga Biru, seperti membuat lahan parkir, fasilitas wisata alam dan lokasi wisata kuliner bagi pengunjung. Agar para wisatawan nanti saat berkunjung nyaman dan senang untuk kembali kesini, ungkap Zaki.

Menurut Zaki bahwa segala kegiatan galian pasir harus dihentikan dari sekarang. Untuk tempat-tepat galian yang terlanjur dibongkar dan dikeruk pasirnya, nanti akan pihak Zaki diskusikan untuk dimanfaatkan sebagai apa.

Di lain tempat, Hadisa Mahsyur selaku Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Tangerang menjelaskan bahwa danau Telaga Biru memiliki kadar keasaman air yang sangat tinggi, yakni tingkat kadar asamnya mencapai tujuh.

Dengan kondisi tingkat keasaman air yang tinggi, maka air tersebut tidak bisa langsung diminum oleh warga. Selain itu, aktifitas berenang lebih baik tidak disarankan karena dari segi kedalamannya. Menurut Hadisa, alasan mengapa warna danau Telaga Biru berubah-ubah, disebabkan oleh kadar asam yang tinggi serta keberadaan alga gangga yang bisa berubah terkena sinar matahari.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply