Petani-Ternak Kali Gede Tingkatkan Ekonomi Warga Ciputat

TangselMedia – Keberadaan kelompok Tani-Ternak Kali Gede yang berada di Rt. 02 Rw. 02, Kelurahan Ciputat, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) membuat perekonomi warga sekitar meningkat. Pasalnya, selain dijadikan edukasi, keberadaannya juga menjadi peluang bisnis (agrobisnis).

Ketua Kelompok Tani-Ternak Kali Gede, Arfan mengatakan, kegiatan kelompok tani ini sudah berjalan selama tiga tahun yang dijalani langsung oleh warga.

Kelompok Tani-Ternak berpose bersama. (sumber foto: TangselMedia)

“Kelompok tani disini adalah kumpulan dari petani dan peternak ayam, ikan, kambing dan pekebun”, ucap Arfan, Senin 27 Februari 2017.

Dia menjelaskan, latarbelakang terbentuknya kelompok tersebut atas dasar kesamaan kepentingan serta kondisi lingkungan seperti: sosial, ekonomi, dan sumber daya. Sehingga, warga berkeinginan membentuk kelompok yang juga dapat meningkatkan taraf perekonomiannya.

“Peternakan disini, asal mulanya cuman iseng-iseng saja, terus saya sendiri secara pribadi membentuk pergerakan kelompok tani ternak, agar bisa menjadi peluang perekonomian mandiri”, jelasnya.

Arfan juga menyampaikan keinginan kelompoknya, agar pemerintah dapat peduli dan melihat kegiatan yang mereka lakukan ini, hingga bisa dikembangkan dan menjadi peluang kerja atau mitra usaha yang dibantu oleh pemerintah terkait.

Arfan, bersama para petani-ternak kali gede. (sumber foto: TangselMedia)

“Harapan saya dalam kelompok Tani-Ternak ini menjadi kegiatan positif yang harus dibangun, diperhatikan dan dikembangkan oleh pemerintah. Dan pemerintahan yang terkait juga dapat memeriksa keadaan di sini, serta memberi arahan dan bimbingan untuk peternakan ayam, ikan, kambing di sini”, tandasnya. (DRS)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply