Picu Tumbuh Kembang Minat Baca Lewat Indonesia International Book Fair

Komunitas, Nasional 0
Indonesia Internasional Book Fair, Senayan, Jakarta (28/9/2016). Foto: Irma

Indonesia Internasional Book Fair, JCC, Jakarta (28/9/2016). Foto: Irma

TangselMedia.com – “Tingkat membaca buku masyarakat Indonesia mengalami keterlambatan lima tahun dari yang seharusnya. Sehingga perlu didukung penuh antara pemerintah, masyarakat dan komunitas membaca agar memicu tumbuh kembang minat baca,” ujar Menteri Pendidika dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dalam pembukaan Indonesia International Book Fair di Jakarta Convention Center, Jakarta (28/09).

Indonesia International Book Fair (IIBF) yang diselenggarakan sejak tanggal 28 September hingga 2 Oktober 2016 diikuti penerbit dari 14 negara serta ratusan peserta baik dalam dan luar negri. Sementara, pada tahun ini negara Malaysia menjadi tamu kehormatan, dimana tahun sebelumnya didapuk dari Korea Selatan.

Kegiatan pameran buku terlengkap yang rutin diadakan setiap tahun ini, memiliki sederet rangkaian kegiatan, seperti peluncuran buku, lomba tari daerah, pemberian penghargaan dari Perpustakaan Nasional kepada penerbit, pementasan teater serta lomba mewarnai dan menggambar bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dalam kesempatan yang sama, pengunjung IIBF sdapat mengasah ketrampilan seninya lewat membuat wayang kertas, membatik mug kertas, melukis pin tutup botol, mematik bandana dan membuat gelang etnik di digelar stan Kemdikbud secara cuma-cuma. (Irm)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply