Provinsi Banten Jadi Perhatian Spesifik KPK Terkait Korupsi

TangselMedia – Korupsi adalah salah satu masalah utama yg terjadi hampir di setiap provinsi, tidak terkecuali Banten. Kasatgas Korsup Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Asep Rahmat Suwandha menyatakan, Banten menjadi perhatian KPK dari sejumlah provinsi yang masuk kategori spesifik.

“Ada beberapa provinsi yang menjadi perhatian KPK dan masuk dalam kategori spesifik, di antaranya Banten”, ujarnya, pada sosialisasi pencegahan tindak pidana korupsi di Pandeglang, Banten, Rabu 22 Februari 2017.

Ilustrasi, gedung kantor KPK. (sumber foto: kini.co.id)

Terkait dengan hal itu, ia meminta para pejabat yang ada di Banten, termasuk Kabupaten Pandeglang, secara riil berupaya mencegah tindak pidana korupsi.

“Korupsi adalah kejahatan luar biasa, sebab dampak korupsi meliputi kerugian ekonomi dan sosial. Untuk mencegah korupsi, ada beberapa usulan yang harus dijalankan”, tegas Asep.

Usulan dimaksud, yaitu adanya sistem keuangan yang terintegrasi, pengadaan barang dan jasa yang transparan, pelayanan perizinan satu pintu yang benar, serta adanya tambahan penghasilan pegawai yang sesuai dengan peraturan.

Ia juga menjelaskan, mengenai inovasi dan strategi pemberantasan korupsi. Kegiatan tersebut dilakukan KPK melalui bentuk represif, perbaikan sistem dan edukasi. 

“Oleh karena itu, penyelenggara pemerintahan harus maksimal dalam perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan”, ujarnya sebagaimana diberitakan antara. (HJD)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply