Rayakan HUT ke-16, Laskar Betawi Ciputat Santuni 100 Anak Yatim dan 25 Jompo

HUT ke-16 Laskar Betawi Ciputat. Foto: TangselMedia

TangselMedia – Dalam rangka memperingati hari ulang tahunnya yang ke 16 Laskar Betawi Ciputat pimpinan H. Endang Saputra, yang terletak di Jalan KH.Dewantoro, gang Karyawan, Ciputat, Sabtu Malam ( 7/1/2017) mengadakan santunan kepada anak yatim dan jompo. Sekitar kurang lebih 100 anak yatim dan 25 jompo yang mendapatkan santunan. Mereka adalah warga di sekitar Padepokan Laskar Betawi Ciputat.

Acara dibuka dengan menampilkan seni pecak silat Betawi asuhan dari H, Endang maupun dari para pendekar yang ada di daerah Tangsel, Pada kesempatan tersebut selain para tokoh masyarakat Ciputat, turut hadir H. Dudung E. Diredja selaku ketua Yayasan Tangsel Unggul, Muhamad (Plt. sekda Tangsel ), Para RW ( Rukun Tengga ). RT (Rukun Tetangga ) dan perwakilan dari Laskar Betawi dari 7 Kecamatan yang ada di Tangsel.

Menurut H. Endang Saputra selaku Pemimpin Padepokan Laskar Betawi Ciputat, acara ini rutin diadakan setiap tahun. Tujuan diselenggarakannya acara ini adalah sebagai upaya silaturahmi antar anggota dan sebagai suatu cara untuk menghindarkan para anggota dari kegiatan yang tidak benar, seperti narkoba dan lain sebagainya.

”Acara ini kita adakan setiap tahun, selain untuk melestarikan keseniaan silat Betawi juga merupakan ajang mencari amal dengan memberikan santunan terhadap anak yatim dan jompo”, ujar Endang.

Sementara itu hal senada diungkapkan Ketua Yayasan Tangsel Unggul H.Dadang E, Diredja. Ia mengatakan Yayasan Tangsel Unggul yang dibentuknya pada tahun 2015 yang lalu, sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang pada prinsipnya melestarikan kesenian Betawi Baik itu Pencak Silat mau pun kesenian Lenong Betawi. Untuk santunan kepada anak yatim dan jompo Yayasan Tangsel Unggul selalu mengalokasikan anggaran untuk itu.

“Acara yang diselenggarakan oleh Laskar Betawi ini merupakan kegiatan dalam melestarikan kesenian betawi seperti Pancak Silat dan Lenong Betawi, Ditambah lagi dengan diadakan santunan terhadap anak yatim, kami selaku Fosil Betawi ( Forum Silaturahmi Betawi ) sangat mendukung sekali. Kami sudah mempuyai program yang dinamakan “Pendekar Nyaba” yaitu pendekar yang menyaba para anak yatim dan jompo yang ada di setiap kecamatan wilayah Tangsel. Tahun ini di Ciputat, Tahun depan di Serpong misalnya dan seterusnya sampai 7 kecamatan di Tangsel akan kita datangin”, ungkap H.Dudung.

Selain dalam bentuk bantuan santunan anak yatim Yayasan Tangsel unggul menurut H,Dudung juga membentuk Lembaga Bantuan Hukum yang bernama LBH UNGGUL. Lembaga ini akan membantu masyarakat Tangsel yang berkaitan dengan pendampingan hukum secara gratis. (isk)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply