RKI Ciputat Timur Siap Wujudkan Generasi Berkarakter Positif

Rumah Keluarga Indonesia (RKI) Ciputat Timur2TangselMedia.com – Momentum peringatan Hari Anak Nasional (HAN) menjadikan bagaimana kita mampu untuk memberikan kemasan yang positif dan memberikan kontribusi nyata bagi anak-anak dalam bentuk perhatian khusus. Hal inilah yang menggerakan Rumah Keluarga Indonesia (RKI) Ciputat Timur dengan membuat sebuah program kepedulian dan perhatian pada anak yang telah diselenggarakan pada hari Minggu 31 Juli 2016 di Gedung Pusat TIK Nasional, Jalan Kertamukti Pisangan-Ciputat Timur.

Event yang berlangsung sehari ini telah mampu menjadikan sebuah magnet, sehingga memiliki daya tarik tersendiri dan antusias yang tinggi dari masyarakat  untuk mengikutkan buah hati mereka untuk berpartisipasi dalam acara ini.

Ada pesan moral yang menjadi perhatian kita bersama, bahwa realitas dari zaman anak-anak kita telah masuk dalam era teknologi yang begitu semakin cepat dan kurangnya kepedulian kita pada kondisi lingkungan sekitar. Dan kita pun sebagai orangtua tidak memberikan suplemen positif yang baik untuk menyeimbangi hal itu.

Harapan besar ini pun diutarakan oleh Dwi Rahayu, S.Pt selaku ketua RKI Ciputat Timur. “Kami ingin meningkatkan kesadaran kepada orangtua tentang tumbuh kembang anak, peduli dengan lingkungan dan mengenalkan anak-anak kita dengan permainan-permainan yang positif bagi anak-anak kita.”Rumah Keluarga Indonesia (RKI) Ciputat Timur3

Acara ini memberikan porsi istimewa yang dikhususkan untuk anak-anak dengan menyuguhkan beragam kegiatan, diantaranya perlomba tahfidz, lomba adzan, lomba mewarnai, mendongeng dan fasilitas permainan tradisional seperti congkak, ular tangga raksasa, holahop, benteng, engrang, dan angklung. “Kenapa kami menyediakan sebuah permainan tradisonal, karena selama ini yang kita kenalkan kepada anak-anak kita adalah games yang bersumber dari gadget dan sebagainya, Sedangkan kita sendiri lupa untuk mengenalkan permaian seperti dahulu yang kita alami semasa kecil.” Lanjut Dwi.

Selain itu, dalam peringatan Hari Anak Nasional, RKI tidak hanya memfasilitasi area permainan dan hiburan untuk anak-anak, bahkan untuk para orangtua yang hadir pun dapat mengikuti seminar parenting yang bertujuan untuk memberikan pembekalan dan solusi kongkrit permasalahan anak dalam menghadapi tantangan zaman masa kini.

Karena ternyata banyak sekali ruang-ruang hak anak yang selama ini kita batasi atas ketidakpahaman kita dalam mengasuh dan membimbing buah hati kita, sehingga acap kali, anak-anak menjadi korban dan terabaikan haknya disebabkan karena ketidakharmonisan orangtua, ketidak siapan menjadi orangtua, dan kesadaran untuk memberikan arah tujuan anak. Maka dari itu, marilah bersama kita bangun kedekatan, kehangatan, kasih sayang dan memberikan keteladanan untuk buah hati yang kita cintai. (Dahlan Rifalufi)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply