SMA Kharisma Bangsa Juara Umum di Ajang TechFest Prasetiya Mulya 2016

Para Pemenang TechFest Prasetya Mulya. Foto: Dok Panitia

Para Pemenang TechFest Prasetya Mulya. Foto: Dok Panitia

TangselMedia – TECHfest 2016 merupakan kompetisi berbasis sains dan teknologi yang untuk pertama kalinya diselenggarakan oleh School of Technology, Engineering, and Mathematics Universitas Prasetiya Mulya pada 3 – 8 oktober 2016.

Acara yang diselenggarakan di Kampus BSD Universitas Prasetiya Mulya ini mengangkat tema Engineering Powers Your Future dan ditujukan bagi siswa/i SMA/SMK/sederajat se-Jabodetabek, Banten, dan Bandung. Para pemenang Kompetisi ini mendapatkan total hadiah senilai Rp 85.000.000,-. Kompetisi TechFest 2016 terdiri dari 3 rangkaian acara yaitu Workshop, Seminar, dan Kompetisi dengan 5 perlombaan utama yaitu:

  1.   Fast & Furious Tracer

Fast & Furious Tracer adalah kompetisi seputar robotic, dimana peserta ditantang untuk menyelesaikan tantangan dengan menggunakan robot yang telah disusun dan diprogram secara mandiri. Setiap tim akan bersaing di arena pertandingan untuk menjadi yang tercepat dan terbaik.

  1.   Bizmath Challenge

Bizmath Challenge adalah kompetisi mengenai business mathematics. Peserta ditantang untuk dapat mengaplikasikan ilmu matematika yang sudah mereka miliki dalam dunia bisnis dan ekonomi serta mengadu logika dan pengetahuan melalui pengerjaan soal-soal dan case terkait business mathematics.

  1.  Energy for Sustainability Challenge

Energy for Sustainability Challenge adalah kompetisi seputar penyelesaian permasalahan ketahanan energi. Peserta akan ditantang untuk membuat ide penelitian terkait penyelesaian permasalahan energi dalam bentuk paper dan video. Tak hanya berhenti pada pembuatan ide penelitian, tim semifinalis juga akan mengkampanyekan ide mereka melalui poster dan presentasi di hadapan dewan juri.

  1. Food Case Competition

Food Case Competition adalah kompetisi terkait food technology, dimana peserta akan ditantang untuk memberikan solusi terhadap kasus berupa permasalahan pangan yang dikaji berdasarkan biologi terapan (applied biology). Tim yang lolos ke babak final akan mendapatkan real case dari industri pangan terkait proses produksi (Research and Development) yang mengarah pada New Development Product (NPD) dan pemasaran produk (Product Marketing). Kemudian tim ditantang untuk memberikan solusi dan mempresentasikan ide penyelesaian kasus tersebut di hadapan dewan juri.

Cool School Web Design Competition

Cool School Web Design Competition adalah kompetisi terkait software engineering, dimana peserta ditantang untuk membuat suatu website yang unik dan menarik bertemakan “My School is Awesome!”. Tak hanya sekadar membuat website, peserta yang lolos ke babak semifinal juga akan melakukan sesi presentasi mengenai konten dan proses pembuatan website di hadapan dewan juri.

Jumlah peserta TechFest 2016 mencapai lebih dari 200 peserta murid SMA dengan jumlah peserta robotic sebanyak 22 team, Bizmath Challenge sebanyak 38 team, Energy for Sustainability Challenge sebanyak 18 team dan Food Case Competition sebanyak 27 team.

Di ajang TechFest Prasetiya Mulya yang pertama ini, SMA Kharisma Bangsa keluar sebagai Juara Umum dan selain hadiah untuk kepada para pemenang SMA Kharisma Bangsa juga berhak mendapatkan hadiah utama yang akan diberikan oleh Universitas Prasetiya Mulya, yaitu sebuah TV Flat screen. (isn)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply