SMK Negeri 1 Tangsel Selenggarakan Tempat Uji Kompetensi Elektornika Pertama

800px-Arduino_ftdi_chip-1TangselMedia.com – Masyarakat Tangsel patut berbangga karena SMK Negeri 1 Tangsel bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Kompetensi LSK bagian Elektronika menghelat Tempat Uji Kompetensi (TUK) Elektronika pertama di Tangsel di SMKN 1 Tangsel.

Menurut Djoko Sulistyo dari LSK menjelaskan bahwa pelaksanaan TUK Elektronika sangat penting terutama bagi para peserta untuk mengukur kemampuan mereka di bidang elektronika. Bahkan memasuki kondisi era MEA diharapkan mereka mampu bersaing dan unjuk bakat dalam persaingan MEA. Akan tetapi masih ada kendala yang dihadapi yaitu perlengkapan alat dan kurangnya dukungan serta perhatian dari pemerintah.

Di segala bidang industri banyak membutuhkan tenaga elektronika, sehingga dengan adanya TUK Elektronika para peserta mampu menunjukkan keahliannya. Tapi sayangnya kondisi ini tidak didukung dengan perlengkapan alat maupun fokus perhatian dari Pemerintah serta Dinas Pendidikan, ungkap Djoko.

Jumlah peserta yang mengikuti TUK Elektronika sebanyak 35 pesrta, rata-rata hampir keseluruhan dari siswa/siswi SMKN 1 Tangsel dan ada dari masyarakat umum. Perhelatan TUK Elektronika dibuka secara cuma-cuma, sedangkan komponen-komponen pendukungnya mendapatkan subdisdi dari Kemendikbud. Kriteria penilain di TUK Elektronika adalah daya dan amplifier.

Menurut Yusuf Bintaro selaku Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang menjadi salah satu penguji menyatakan hal serupa dengan yang dikatakan oleh Djoko Sulistyono. Keberadaan profesi di  bidang elektronika sangat penting di Indonesia namun dibutuhkan perhatian besar dan dukungan dari pemerintah Dinas Pendidikan. Mengingat kondisi peralatan yang masih kurang seharusnya dijadikan pekerjaan rumah agar membantu kelengkapan peralatan ayng dibutuhkan oleh sekolah. Sementara pihak sekolah juga turut beran aktif dengan memberikan praktek secara kontinu kepada murid-murid agar mereka lebih mengetahui komponen elektronika secara mendalam.

Penanggung jawab TUK Elektronika, Sunardi Tri Handoyo mengungkapkan kegiatan ini  merupakan pertama di Tangsel dan SMKN 1 Tangsel mendapat kesempatan pertama untuk menggelar Tempat Uji Kompetensi Elektronika. Sunardi berharap agar seluruh siswa/siswi SMK setelah lulus nanti mampu bersaing menghadapi MEA.

Sebagai salah satu peserta TUK Elektronika, Rahma Putri kelas XII Teknik Elektro menjelaskan bahwa dirinya sangat bersyukur dapat mengikuti kegiatan tersebut. Sebab Rahma bisa mengukur kemampuan diri dalam menguasai elektro. Dan ternyata hasilnya masih banyak yang kurang, sehingga Rahma perlu belajar banyak agar dapat lebih menguasai komponen-komponen elektronika.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply