Tahun ke Dua, Koperasi UMKM Mandiri Naik Keuntungan Sebesar 300 Persen

UMKM Mandiri Tangerang selatanTangselMedia.com – Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Mandiri mencatat kenaikan keuntungan sebesar 300 persen di tahun kedua ini. Tentu harapannya di tahun yang akan datang, dapat meningkatkan keuntungan kembali.

Menurut Erwin Suryana selaku Ketua Koperasi UMKM Mandiri menjelaskan bahwa dipastikan ada kenaikan pendapatan dari tahun sebelumnya. Di tahun 2014 tercatat sekitar Rp 3,7 juta naik menjadi Rp 12,1 juta sesuai dengan pemaparan tentang laporan pembukuan dalam Rapat Anggota Tahunan (RA) ke 2 di Aula Kelurahan Ciater, Serpong.

Erwin mengungkapkan bahwa keuntungannya naik cukup signifikan dan diluar perkiraan hingga 300 persen lebih. Yang terpenting adalah bagaimana cara agar koperasi ini terus berkembang bagi seluruh anggotanya.

Total asset yang dimiliki Koperasi UMKM Mandiri tahun pertama sebanyak Rp 16 juta dan saat ini tercatat Rp 41 juta dengan keanggotan sejumlah 148 orang. Sebagian anggota UMKM Mandiri bergerak dibidang kuliner, kerajinan hingga fashion yang masing-masing berkembang secara positif, papar Erwin.

Erwin menghimbau kepada seluruh anggota agar rajin berbelanja ke gerai Koperasi yang berada di Rumah Makan Gabus Pucung. Sebab hasilnya nanti juga akan di bagikan ke masing-masing anggota pada akhir tahun.

UMKM Mandiri memliki target di tahun 2016 dengan mengajak kepada seluruh pelaku usaha UMKM agar bergabung ke koperasi degan membuka peluang seluas-luasnya. Selain anggota mendapatkan keuntungan hasil di akhir tahun, juga produk UMKMnya dapat dipromosikan dan dijual kepada masyarakat.

Menurut Erwin, peran dari UMKM Mandiri secara tidak langsung menjadi wadah para pelaku usaha dan bisa melakukan transaksi jual beli sesama UMKM. Selain itu, sebagai ajang penyebaran promosi sehingga mendapat peluang besar dalam mengembangkan usahanya.

Rapat Anggota Tahunan dihadiri antara lain oleh, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Tangsel, Warman Syanudin, Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (DEKOPINDA) Dudung E. Diredja, Ketua Forum Corporate Social Responsibility (CSR) Tangsel, Ali Samson Pane. Dalam kesempatan yang sama, Warman dan Dudung berjanji akan menjadi anggota UMKM Mandiri mengingat prestasi yang bagus itu.

Warman Syanudin merespon dengan baik kepada keberhasilan Koperasi UMKM Mandiri. Warman bangga akan keberhasilan UMKM Mandiri yang menyusun pembukuan tahunan secara rinci sekaligus dengan prestasi meraih keuntungan cukup besar.

Menurut Warman seluruh pihak perlu memberikan dukungan positif terhadap keberadaan Koperasi UMKM Mandiri yang tercatat produktif dan tersusun secara rapi laporan tahunan. Karena memang sudah kewajiban bagi koperasi untuk transparansi dan diawasi oleh pemerintah.

Harapan ke depan, koperasi lain dapat membuat RAT awal tahun agar dapat berbenah memempersiapkan kegiatan satu tahun kedepan. Sekaligus mendoakan kepada seluruh anggota agar semakin sejatera, produk berkembang baik dan laku di pasaran, ungkap Warman.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply