Tempat-Tempat Bersejarah Di Kota Tangerang

Sosial Budaya

TangselMedia.com – Tempat-Tempat Bersejarah Di Kota Tangerang memang sangat banyak sekali, antara lain:
1. Reruntuhan Benteng
Kota Tangerang sering disebut dengan sebagai Kota Benteng. Ceritanya berawal dari zaman VOC yang telah membangun sebuah benteng pertahanan di dekat Sungai Cisadane yang digunakan sebagai pertahanan Bupati Tangerang I (Aria Soetidilaga I) diri dari serangan Kesultanan Banten. Akan tetapi Benteng ini sejak tahun 1812 sudah tidak ada yang merawat lagi. Demikian laporan “Superintendant of Publik Building and Work” tertanggal 6 Maret 1816. Kini, di kawasan bekas benteng, didiami oleh kebanyakan keturunan etnis Tionghoa.
2. Pasar Lama Tangerang
Pasar Lama Tangerang adalah salah satu ikon sejarah Kota Tangerang berada dekat Sungai Cisadane ini. Pasar ini ialah pasar tradisional tertua dan merupakan cikal bakal Kota dari keberadaan kota Tangerang. Tempat ini dipenuhi oleh etnis Tionghoa yang merupakan tempat bersejarah etnis Tionghoa di Tangerang.
3. Kelenteng Boen Tek Bio
Kelenteng Boen Tek Bio TangerangKelenteng Boen Tek Bio berada di area Pasar Lama. Kelenteng Boen Tek Bio adalah kelenteng tertua di Tangerang yang berusia 300 tahun. Kelenteng ini mengalami renovasi sekali, yaitu pada tahun 1844. Klenteng ini merupakan salah satu dari ketiga kelenteng besar yang sudah tua di Tangerang. Dua kelenteng lainnya yaitu Boen Hay Bio dan Boen San Bio.
4. Vihara Padumuttara
Tempet ibadah umat Budha ini berada di belakang kelenteng Boen Tek Bio. Vihara ini begitu besar dan selalu bersih. Anda bisa merasakan kesejukan udaranya ketika berada di dalam vihara.
5. Masjid Jami Kali Pasir
Masjid Jami Kali Pasir (masjid tua) ini lokasinya berdekatan dengan Kelenteng Boen Tek. Masjid dengan nuansa hijau putih tersebut sudah mengalami banyak perubahan, hanya dua sisi bangunan yang masih utuh dipertahankan hingga sekarang, yaitu empat tiang di dalam masjid, dan kubah kecil bermotif China yang berada di atas masjid. Bangunan masjid ini bernuansa Tionghoa, luas areanya mencapai 16×18 meter persegi ini berada di tengah pemukiman padat penduduk.
6. Museum Benteng Heritage
Bangunan yang berada di tengah Pasar Lama ini, memiliki dua tingkat. Lantai satu dijadikan restoran, tempat gathering, penjualan suvenir, dan sebagainya. Sedangkan di lantai kedua dijadikan tempat koleksi museum. Museum ini adalah milik pribadi yaitu Udaya Halim adalah restorasi dari bangunan tua berarsitektur tradisional Tionghoa yang dibangun sekitar abad ke-17. Museum ini dijuluki Pearl of Tangerang banyak mendapatkan penghargaan. Yang pertama dalam ajang Federation Internationals des Administrateurs de Bien-Conselis Immobiliers (FIABCI) Indonesia, yang manjadi juara pertama untuk kategori Heritage pada tahun 2012. Sedangkan pada tahun 2013 di tingkat internasional yaitu FIABCI Prix d’excellent Award, museum ini memperoleh juara kedua.
7. Taman Makam Pahlawan Seribu dan Monumen Lengkong
Taman Makam Pahlawan Seribu dan Monumen Lengkong ini berada di BSD Serpong. Dinamakan seribu karena dulu kala terjadi pertempuran yang melibatkan ribuan orang dari laskar perlawanan rakyat Banten yang berasal dari daerah Tejo, Madja dan daerah sekitar Rangkas Bitung yang dipimpin oleh Kyai setempat. Sedangkan Monumen Lengkong di dedikasikan untuk mengenang peristiwa Lengkong pada waktu taruna Akedemi Militer Tangerang menyerbu dan merebut gudang senjata Belanda pimpinan Mayor Daan Mogot.
Itulah Tempat-Tempat Bersejarah Di Kota Tangerang yang bisa anda kunjingi untuk referensi wisata bersama keluarga maupun teman sekolah anda.

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Comments are closed.