Tips Nyaman dan Sehat di Dalam Rumah

Bagi kebanyakan orang, tidak ada tempat yang lebih nyaman selain di rumah. Namun ada beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang apa saja yang dapat menggangu kenyamanan rumah kita, khususnya terhadap kesehatan diri dan anggota keluarga yang tinggal di dalamnya.

 

Diantara yang dapat mengganggu kesehatan kita di dalam rumah sendiri adalah, kebiasaan yang buruk. Berikut beberapa tips untuk kesehatan yang lebih baik:

Salah satu aktivitas bermanfaat di dalam rumah

Salah satu aktivitas bermanfaat di dalam rumah

 

1) Membiarkan terlalu banyak cahaya di kamar tidur

Menurut sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan di dalam American Journal of Epidemiology, partisipan yang tidur di dalam keadaan ruangan yang gelap, risiko terkena obesitas menurun 21 persen, dibandingkan dengan mereka yang tidur dengan ruangan yang sangat bercahaya. Hal tersebut berhubungan dengan hormon tidur yang diproduksi oleh tubuh, melatonin. Jika terlalu sedikit melatonin berarti kita tidak tidur dengan benar.

 

2) Jangan membiarkan Gadget menyala di dalam kamar

Sebuah penelitian dari jurnal Pediatric Obesity menemukan bahwa anak-anak yang diterangi oleh cahaya TV atau komputer pada malam hari, kemungkinan akan memiliki kebiasaan hidup yang buruk dan tidak pernah mendapatkan waktu tidur yang cukup. Para peneliti juga menemukan bahwa anak-anak yang memiliki akses langsung dengan perangkat elektronik kemungkinan memiliki 1,47 kali mengalami kelebihan berat badan daripada dengan anak-anak yang tidak memiliki perangkat elektronik sama sekali di kamarnya.

 

3) Jangan menyembunyikan buah-buahan di dalam kulkas

Jika makanan sehat ditempatkan jauh dari pandangan, kita kemungkinan tidak akan memakannya. Sebagian besar buah-buahan tidak perlu disimpan di dalam kulkas. Cobalah untuk meletakkan mangkuk buah dan dipenuhi oleh buah-buahan berwarna dan sehat seperti apel, jeruk dan pir, di tempat yang mudah terlihat.

 

4) Jangan atur suhu ruangan terlalu tinggi

Suhu udara yang lebih dingin akan meningkatkan efektivitas dalam penyimpanan brown fat, lemak yang dapat menjaga tubuh kita tetap hangat dengan membantu untuk membakar lemak yang tersimpan di dalam perut . Para partisipan dalam penelitian menghabiskan beberapa minggu tidur di kamar dengan suhu kamar yang bervariasi, diantaranya dengan suhu netral 24 derajat Celsius, dingin dengan 18 derajat Celsius, dan suhu hangat 27 derajat Celsius. Setelah empat minggu tidur pada suhu 18 derajat Celsius, subjek tersebut memiliki hampir dua kali volume brown fat yang lebih banyak.

 

5) Jangan memiliki terlalu banyak layar TV di rumah

Para peneliti mengatakan, semakin banyak menonton TV, semakin besar kemungkinan terkena risiko obesitas. Karenanya, kurangi keberadaan TV di rumah.

 

6) Jangan letakan peralatan olahraga Jauh dari penglihatan

Ketika alat olahraga jauh dari pandangan, alat-alat ini juga akan jauh dari pikiran yang kemudian akan membuat kita malas untuk berolahraga. Daripada menyimpan peralatan olahraga di gudang, pindahkan ke  dalam ruangan favorit.

 

7) Jangan membuat ruang tengah terlalu nyaman

Hari yang melelahkan di kantor membuat kita ingin melemparkan tubuh ke atas sofa yang sangat nyaman dan tidak pindah hingga sampai waktunya tidur. Para peneliti masih memperkirakan alasan sebenarnya mengapa duduk bisa menjadi sangat mengganggu kesehatan. Namun, satu hal pasti dan beberapa penjelasan mengatakan bahwa semakin sedikit kita bergerak, semakin sedikit energi yang kita butuhkan, dan kelebihan gula darah pada pembuluh darah kita dapat menjadi penyebab diabetes dan risiko obesitas lainnya. (DBS)

 

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Strongly passionate on: broadcasting, writing, photography and public speaking.

Related Posts

Leave a Reply