Trik Ampuh Memasarkan Toko Online

Ekonomi

Sebagaimana bisnis offline, bisnis online juga butuh pemasaran yang tepat.

Tentu anda ingin orang tertarik mampir ke situs anda, melihat produk-produk yang ditawarkan, dan memborongnya. Nah, anda perlu trik khusus agar situs anda dikenal.

trik memasarkan toko onlineMungkin kita sudah sering share toko online kita di jejaring social seperti Facebook dan Twitter. Namun hal itu tak cukup, mengingat teman kita pada jejaring social sangat terbatas. Lalu bagaimana agar situs anda bisa dikenal banyak orang?

Trik pertama, dengan SEO (Search Engine Optimization), sebagai upaya agar situs anda meraih urutan tertinggi pada halaman mesin pencari, seperti Google, Yahoo, dan Bing. Caranya dengan mengoptimalkan kata kunci dakam konten situs anda sehingga dengan mesin pencari, toko online anda dapat dikunjungi siapa saja.

Banyak teknik SEO yang dapat kita lakukan untuk meraih posisi tertinggi tersebut, misalnya menggunakan keyword yang tepat untuk produk anda. Jika anda menjual busana muslim maka tulislah kata kunci: jilbab, gamis, murah, grosir, islam, wanita da, sebagainya di header utama.

Trik kedua agar situs mudah dikenali oleh mesin pencari, maksimalkan SEF (Search Engine Friendly). Contoh SEF sederhana adalah URL atau alamat produk yang ramah dengan mesin pencari. Contohnya, jika anda mempunyai produk jilbab instan warna merah, maka anda bisa menggunakan alamat http://toko,com/jilbab-instan-merah. Buatlah sitemap dengan sistem navigasi yang bagus agar mudah dimasukkan ke database mesin pencari.

Selain teknik SEO dan SEF, anda juga wajib memperbanyak konten situs. Tak hanya berisi informasi produk, namun juga tulisan berkaitan dengan produk. Misal, jika berjualan kerudung, anda bisa menulis tutorial cara memakai kerudung, cara mencuci agar tidak lekas rusak, cara memilih padu padan gamis, dan lain-lain. Tautan alamat konten tersebut bisa kita bagi di jejaring social. Umumnya orang tertarik mengunjungi sebuah link terkait dengan informasi daripada produk.

Kelemahan berjualan online adlah orang mudah sekali membandingkan harga produk yang sama dengan hanya berada di depan computer. Guna mengatasi hal itu, buatlah nama yang unik untuk produk yang memiliki merk terkenal. Contoh, jilbab merek cantik tipe A bisa kita ganti dengan nama “Jilbab Cantik A”.

Mengirim alamat toko online anda pada situs yang menyediakan iklan gratis atau sekedar direktori link juga dapat anda lakukan untuk memperbanyak pengunjung. Semakin banyak link yang anda sebarkan, semakin tinggi pula kemungkinan pengunjung datang ke situs anda. Toko online laris manis pun bisa anda rasakan!.

Sumber: Ummi no. 8 XXIV Agustus 2012

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Comments are closed.