Uji Adrenalin ala Komunitas UnFail BMX Kota Tangsel

UnFail-BMX-Kota-TangselSepeda BMX (Bicycle Motocross) merupakan jenis sepeda yang kerap digunakan dalam atraksi ekstrem, menguji adrenalin dan mengundang decak kekaguman penonton. BMX cukup sering masuk dalam pertandingan di kejuaraan olahraga ekstrem dunia. Pada umumnya, para komunitas penggemar BMX menggunakan macam-macam trik untuk memainkannya atau sering disebut freestyle.

Seperti yang dilakukan oleh komunitas UnFail BMX. UnFail BMX pertama kali didirikan pada tahun 2008 dan mulai terdengar gaungnya sekitar tahun 2010 yang diketuai oleh Insan Gunawan. Rahmat Darmawan sebagai Humas UnFail BMX, menjelaskan sejarah pertama kali berdirinya UnFail BMX dimana masih sebatas ajang kumpul dan bermain saja. Hingga akhirnya ada kakak salah satu rider BMX yang menikah dengan Om Insan. Terkait dengan hubungan tersebut, Om Insan mulai sering mengajari mereka bagaimana tehnik dan trik BMX yang baik.

Humas UnFail BMX yang biasa dipanggil dengan Iwan, mengungkapkan bahwa pertama kali terbentuk UnFail BMX hanya mampu membuat sebuah dirt jump. Yang dimaksud dengan dirt jump adalah sebutan salah satu nama yang diberikan kepada praktek mengendarai sepeda BMX agar dapat melompat lebih tinggi pada jenis semen dari kotoran atau tanah dan bisa melompat di udara. Sejak itulah, semakin banyak orang yang tertarik untuk bergabung di komunitas yang bermarkas di Taman Perdamaian BSD.

Sebagai salah satu penunjang kegiatan untuk menambah anggota UnFail BMX, pihak manajemen memindahkan tempat latihan ke Ocean Park. Dan hal tersebut mulai menampakkan hasil yang positif, karena semakin banyak orang ingin melihat kami latihan dan akhirnya ikut bergabung, ujar Iwan. Saat ini usia keanggotaan UnFail BMX terdiri dari remaja yang berkisar antara 17 hingga 24 tahun.

Menurut Iwan, sebelum UnFail BMX memiliki tempat latihan yang tetap, mereka sempat berpindah-pindah tempat. Salah satunya UnFail BMX pernah berlatih sepeda di sekitar Taman Perdamaian BSD yang saat itu belum tertata rapih dan bagus seperti kondisi sekarang. Setiap anggota yang ingin berlatih harus menunggu dulu orang yang nongkrong di sekitar Taman Perdamaian BSD hingga bubar, baru bisa latihan dengan membersihkan pecahan-pecahan botol yang ada disana, ujar Iwan.

Melalui semangat dan kerja keras tanpa henti dari para anggota komunitas UnFail BMX, akhirnya usaha mereka berbuah manis dengan berhasil merebut piala KNPI dan Kejuaraan Nasional (Kejurna) BMX. Selain kegiatan perlombaan, komunitas UnFail BMX juga aktif mengisi berbagai macam kegiatan seperti Pensi sekolah, Festival Hijau Tangsel, Taman Seni 2, acara Sahabat 3R dan masih banyak lagi.

Iwan juga mempromosikan, bahwa bagi rekan-rekan yang ingin bergabung ke UnFail BMX bisa datang ke Taman Perdamaian BSD, tiap hari Sabtu dan Minggu. Lalu bagi rekan-rekan yang belum memilki sepeda tidak perlu khawatir, karena kakak-kakak UnFail BMX dengan senang hati akan meminjamkan sepedanya untuk latihan.

UnFail BMX sendiri telah mempunyai sebanyak 25 anggota yang aktif. Dan bagi para anggota akan dikenakan iuran sekitar Rp. 5.000,- s.d. Rp. 10.000,- sebagai biaya perawatan alat latihan serta penambahan alat latihan.

Nah, jangan ragu bagi para kalian yang penyuka olahraga ekstrem BMX bisa bergabung di komunitas UnFail BMX atau mengetahui informasi kegiatan yang terbaru dengan follow twitter mereka @Failbmxid.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply