Usai Dilantik, Walikota dan Wakil Walikota Resmikan Jembatan Ciater

Berita Tangsel 0

Peresmian Jembatan CiaterTangselMedia.com – Menurut laman tangerangselatankota, Usai mengikuti pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany dan Benyamin Davnie meresmikan Jembatan Ciater di Kecamatan Serpong pada Rabu, 20 April 2016.

Sebetulnya, dua jalur jembatan pada satu lokasi penghubung wilayah Kecamatan Ciputat dengan Kecamatan Serpong itu sudah rampung dikerjakan beberapa waktu lalu. “Pembangunan jembatan dianggarkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah dengan nilai sekitar 9 miliar rupiah,” kata Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Tangerang Selatan, Retno Prawati.

Kata dia, jembatan tersebut dibuat tinggi namun lebih landai dari jembatan yang sebelumnya. Ini dilakukan untuk menghindari genangan yang dulu rutin terjadi di kawasan itu. “Jembatan dinaikkan 1,5 meter. Karena dulu jembatan itu sering banjir. Sekarang lebih tinggi dan lebih lebar,” jelas Retno.

Retno menambahkan, lebar jembatan itu juga dijadikan 24 ROW dengan empat lajur. Profil ini menyesuaikan lebar Jalan Raya Ciater yang sebelumnya sudah dibangun. “Jadi lebarnya sama,” kata dia.

Kepala Bidang Bina Marga pada DBMSDA Kota Tangsel Aris Kurniawan menambahkan kedua jembatan itu memiliki bentang panjang 25 meter. Dengan lebar mencapai sembilan meter.

“Untuk jembatan yang kami bangun ini menggunakan glider, artinya tinggal pasang saja, tidak perlu mengecor. Sama seperti precast,” Aris menambahkan.

Kata dia, dua jembatan itu dibangun tidak berbarengan. Ini dilakukan agar masyarakat Tangsel yang memiliki mobilitas tinggi masih dapat menggunakan akses penghubung ke arah DKI Jakarta itu.

“Kalau dibangun berbarengan kan masyarakat tidak bisa menggunakan jalannya. Maka itu kami bangun dalam dua tahun anggaran,” tandasnya.

Proyek pekerjaan Jembatan dan Jalan Ciater yang dilebarkan merupakan simbol pekerjaan infrastruktur jalan terbesar yang dikerjakan pada kepemimpinan Walikota Airin dan Wakil Walikota Benyamin periode pertama.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan bahwa sebetulnya, dua jembatan penghubung wilayah Ciputat dengan Serpong itu sudah rampung dikerjakan beberapa waktu lalu.

“Momen ini merupakan yang terbaik setelah diskusi dengan Bina Marga, maka tadi ditanda tangani,” ujar Walikota Airin.

Meskipun baru dilantik, proses pembangunan yang sudah diprogram langsung digerakkan. Tidak hanya pembangunan infrastruktur, namun bidang pendidikan, kesehatan, sosial dan lainnya. Sehingga dapat mendukung kemajuan ekonomi Tangsel.

“Saya ini kan sudah habis masa jabatan dan langsung dilantik kembali, maka tidak ada kata libur. Kami akan teruskan pembangunan infrastruktur yang lain secepatnya,” ujarnya. (Imam Chairudin)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply