Wajah Baru Objek Wisata Situ Gintung, Ciputat

Wisata
Image : Ryan Febrianti

Image : Ryan Febrianti

TangselMedia.com – Mencari tempat wisata di Tangerang Selatan memang tidaklah mudah, akan tetapi bukan berarti bahwa di Tangerang Selatan tidak ada tempat wisata sama sekali. Tangerang Selatan yang didominasi oleh pemukiman menjadikannya salah satu kota yang mulai sesak oleh penduduk, sehingga pemandangan alam dengan udaranya yang sejuk dan asri agak sulit ditemukan di sini.

Akan tetapi ada beberapa objek wisata alam yang ada di Tangerang Selatan yang tentunya tidak kalah indah dan eksotik dari obyek-obyek wisata alam yang lainnya. Tangerang Selatan memiliki beberapa objek wisata akan tetapi objek wisata-objek wisata tersebut tergolong kedalam objek wisata modern. seperti Ocean park yang merupakan salah satu tujuan rekreasi keluarga.

Di tempat wisata Ocean Park anda akan ditawarkan berbagai permainan atau wahana air seperti Preston, Flying Fox, Giant Mushroom, Jellyfish, wahana kolam ombak, dan lain sebagainya, semua bisa anda temukan disini.

Selain Ocean Park, Tanah Tinggal merupakan salah satu wisata alam yang cukup terkenal di Tangerang Selatan. Tanah Tingal menawarkan keeksotikan alam yang berpadu dengan kesejukan udaranya. Disana anda bisa mengajak serta keluarga dan anak-anak untuk berlibur sambil belajar. Karena Tanah Tingal memang di maksudkan sebagai pusat sekolah alam.

Salah satu wisata alam selain Tanah Tingal yang berada di Tangerang Selatan adalah Situ Gintung. Situ Gintung atau danau kecil mulai banyak didatangi oleh wisatawan lokal yang sengaja berkunjung untuk menikmati pemandangan alam atau untuk sekedar menenangkan diri dari kesibukan dan hiruk-pikuk kota Tangerang.

Sebenarnya, Situ Gintung bukankah rekreasi alam yang terbuat secara alami. Akan tetapi, Situ Gintung merupakan sebuah tempat dimana terdapat danau kecil yang sengaja dibangun untuk menampung air hujan. Danau ini difungsikan sebagai sebuah bendungan untuk pengairan sawah dan ladang petani di sekitarnya.

Danau ini berada di sebelah barat daya kota Jakarta dengan luas sekitar 21.4 hektar. Dan saat ini telah menjadi sebuah objek wisata yang berupa taman. Situ Gintung berada di Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten.

Kawasan ini dimanfaatkan sebagai kawasan wisata alam dan perairan sejak tahun 1970. Sejak itu sedikit demi sedikit berbagai akomodasi dan permainan mulai mengisi tempat ini, diantaranya adalah outbond, restoran, kolam renang, dan lain sebagainya. Pada tahun 2009 lalu tepatnya pada bulan maret terjadi sebuah bencana, yang memakan banyak korban jiwa. yaitu jebolnya salah satu tanggul akibat hujan deras yang melanda.

Sejak kejadian tersebut Situ Gintung masih tetap dikunjungi oleh banyak orang. Setelah diperbaiki Situ Gintung kembali ramai dikunjungi oleh wisatawan yang sengaja datang untuk ber-rekreasi bersama keluarga, maupun mereka yang hanya ingin menikmati alam sambil berolahraga atau hanya untuk bersantai. Kesejukan dan keindahan alam merupakan pesona yang ditawarkan oleh Situ Gintung. Banyak orang yang memanfaatkan Situ Gintung sebagai tempat berlibur pengganti puncak bogor yang mahal.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan di sini seperti pesta kebun, camping, family gathering, jogging, dan lain sebagainya. Jadi, bagi anda warga Tangerang Selatan dan sekitarnya, jika anda ingin berwisata alam dengan harga yang relatif murah makan Situ Gintung adalah pilihan tepat.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Comments are closed.