Warga Tangsel Jalin Silaturahmi di Festival Lebaran Betawi

Foto: palapanews

Foto: palapanews

TangselMedia.com  – Penyelenggaraan pada pembukaan Festival Lebaran Betawi di Jurangmangu Barat, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan berlangsung meriah, Sabtu, 6 Agustus 2016.

Seperti dilansir dalam laman tangerangselatankota, mulai dari pintu masuk area Festival spanduk berwarna-warni bertabur menyambut para tamu. Beberapa pasang patung Ondel-ondel khas Betawi juga tampak hadir semakin menambah semarak suasana.

Dalam kesempatan tersebut, Festival Lebaran juga diisi dengan penampilan aneka ragam kesenian dan warisan budaya betawi. Mulai dari rumah blandongan, alat memasak khas betawi, transportasi khas betawi tahun 1950-an, makanan khas, Lenong betawi dan beragam jenis warisan budaya lainnya.

Menurut Ketua Panitia Festival Lebaran Betawi, Rudi kegiatan yang digagas Lingkar Masyarakat Berbudaya Betawi Tangsel (LIMABETA) dan Kantor Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Kota Tangsel ini diselenggarakan selama tiga hari dari tanggal 5 sampai 7 Agustus 2016.

“Kami telah melakukan pagelaran seperti silaturahmi padepokan pencak silat, rebana ketimpring, lomba ondel-ondel, lenong, biang kerok, lomba nulis kaligrafi dan lainnya,” ungkap Rudi. Ia berharap, masyarakat tergugah dengan kegiatan tersebut dan mulai mencintai budaya khas Betawi.

Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany hadir dalam acara tahunan tersebut mengatakan salah satu amanah yang harus dilakukan sebagai masyarakat adalah menjaga, memelihara, dan melestarikan tradisi, seni dan budaya khas Tangerang sebagau warisan anak cucu nanti.

“Tradisi, seni dan budaya yang ada di tengah-tengah masyarakat, pada hakikatnya merupakan identitas dan jati diri dari masyarakat tersebut. Salah satunya adalah Lebaran Betawi yang merupakan sebuah tradisi yang tumbuh dan berakar di lingkungan masyarakat betawi,” paparnya.

Perhelatan tradisi Lebaran Betawi ada banyak makna, filosofi, dan sisi positif yang dapat diambil dan dapat diteruskan pada generasi berikutnya. Seperti, mampu mempererat persaudaraan, menyambung tali silaturahmi, menyebarkan semangat dalam berbagi dan menumbuhkan sifat tolong menolong.

“Saya menyambut baik kegiatan ini, saya yakin, disamping dapat memperkaya khazanah seni dan budaya di Tangsel, Lebaran Betawi juga dapat memberikan kontribusi positif bagi sektor lainnya seperti sektor pariwisata, pendidikan, sosial dan ekonomi,” paparnya.

“Tugas kami pemerintah sebagai fasilitator untuk mendorong agar ada partisipasi dari masyarakat, tentunya kami sangat mengapresiasi karena ada banyak hal yang positif dari kegiatan ini,” lanjut Walikota.

Plt Sekda Kota Tangerang Selatan Muhamad menyatakan bahwa Lebaran Betawi yang kedua ini semakin baik pelaksanaannya. Muhammad juga menghimbau agar perhelatan  tahun depan dapat makin ditingkatkan lebih baik lagi dari segi kualitas maupun kuantitasnya.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply