Wisata Budaya Unik ke Kampung Baduy, Banten

Wisata Kampung baduy

Kampung Baduy, Banten

TangselMedia.com – Menghabiskan waktu libur/akhir pekan bersama keluarga dengan melakukan hal-hal yang unik dan menyenangkan sekaligus mengenalkan budaya Indonesia akan menjadi moment liburan yang bermakna. Dan jika anda saat ini sedang mencari tempat liburan seru tersebut, coba saja berkunjung ke Banten, karena disana Anda akan mendapatkan banyak pengalaman yang tidak terlupakan, khususnya jika Anda mengunjungi objek wisata Kampung Baduy, Banten.

Banten terkenal dengan wisata alamnya yang sangat indah, akan tetapi Banten juga menyimpan beragam wisata budaya yang penuh dengan pengalaman seru yang bisa Anda dapatkan, salah satunya di tempat wisata Kampung Baduy, Banten.

Sejarah Kampung Baduy

Asal kata Kampung Baduy sendiri berasal dari orang Belanda yang menamai daerah perkampungan ini dengan Badawi atau Bedoin, namun karena penduduk lokal sulit mengucapkan kata tersebut kemudian bergeser menjadi Baduy.

Ketika Anda bersama dengan rombongan memasuki objek wisata Kampung Baduy, dijamin suasana akan sangat berbeda jauh dengan saat Anda berada di rumah, dengan jumlah penduduk sekitar 5.000 – 8.000 orang, Kampung Baduy masih terisolir, hal tersebut dapat Anda lihat dengan gaya pakaian yang masih sangat sederhana dan memegang teguh adat istiadat nenek moyang. Selain itu mereka juga masih menggunakan ikat kepala dan tanpa menggunakan alas, walaupun terisolir Anda tidak usah takut dengan mereka, karena mereka sudah faham betul mengenai wisatawan yang hadir.

Di tempat wisata budaya Kampung Baduy tersebut Anda bisa berkeliling sepuasnya, karena Kampung Baduy memiliki luas sebesar 5.000 hektar, terdapat sekitar 56 kampung yang terbagi menjadi 2 bagian besar, bagian pertama bernama Kampung Baduy dalam yang terdiri 3 Kampung saja, sedangkan untuk 53 lainya bernama Kampung Baduy luar, sebenarnya kedua kampung tersebut sama, yang membedakan antara keduanya adalah budaya, untuk Kampung Baduy dalam masih memegang teguh budaya adat, sedangkan untuk Kampung Baduy luar budaya tersebut sudah jarang dilaksanakan penduduk lokal. Karena Kampung Baduy dalam masih sangat kental dengan adat istiadat maka pengunjung dilarang mengambil gambar.

Akses Menuju Kampung Baduy

Untuk bisa mencapai tempat wisata yang terletak 40 Km dari Rangkas Belitung ini, Anda bisa menaiki bus ataupun kereta api untuk bisa sampai dengan cepat di Kabupaten Rangkas Belitung. Dari Kabupaten Rangkas Belitung inilah Anda bisa menuju ke Ciboleger yang merupakan salah satu pintu masuk ke Kampung Baduy.

Nah setelah Anda sampai di terminal Ciboleger, maka Anda akan disambut dengan anak-anak asli Kampung Baduy, mereka disana menjadi seorang penunggu toko yang menjual berbagai macam souvenir, agar wisata budaya di Kampung Baduy lebih bermakna, Anda bisa mengajak salah satu anak Kampung Baduy yang berada di terminal tersebut untuk menjadi pemandu wisata Anda ketika mengelilingi seluruh isi kampung ini. Anda tidak perlu takut berkomunikasi dengan anak tersebut, karena mereka sudah faham betul mengenai bahasa Indonesia yang baik dan benar, bahkan mereka juga sedikit faham mengenai bahasa Inggris.

Akomodasi

Untuk masalah penginapan, Anda akan ditawarkan untuk menginap di salah satu rumah milik penduduk Kampung Baduy tersebut, tanpa menggunakan listrik, gadget ataupun peralatan yang lainya, walaupun tidak menggunakan peralatan apapun, akan tetapi disinilah moment yang paling ditunggu-tunggu oleh para wisatawan.

Nah siapkah diri Anda untuk melalui itu semua? Jika sudah siap segera kemas-kemas barang Anda dan langsung saja menuju ke Kampung Baduy yang sangat menantang tersebut.

Lokasi Objek Wisata Kampung Baduy

Jika anda tertarik untuk berkunjung ke Lokasi Suku Baduy, kampung ini terletak di desa Kanekes dalam wilayah kaki pegunungan Kendeng, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak-Rangkasbitung, Banten, berjarak sekitar 40 km dari kota Rangkasbitung.

Image credit from wonderful Indonesia

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Comments are closed.