PKM Mahasiswa Unpam terkait Pentingnya K3 Pada Siswa Teknik Permesinan SMKN 2 Kabupaten Tangerang

TangselMedia-Pada tanggal 11 Juni 2024 Mahasiswa Universitas Pamulang Prodi Teknik Mesin melakukan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yaitu Pengenalan dan Pemaparan Materi Terkait Pentingnya Kesehatan dan Keselamatan kerja pada siswa Teknik Permesinan di SMK Negeri 2 Kabupaten Tangerang yang beralamat di Jl. Raya Mauk , Pisangan Jaya, Sepatan, Kabupaten Tangerang. PKM ini Beranggotakan 5 orang mahasiswa diantaranya : Adetya Prayuda, Alfi Khoirul Huda, Dani Dwi Priyanto, Muhammad Firdaus, Yusuf Nur Rachman. Yang dibimbing oleh satu dosen yaitu Joko Setiyono,S.T.,M.T.

Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Merupakan salah satu kegiatan wajib mahasiwa Universitas Pamulang, yang dimana kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmuyang didapat dari kampus terhadap masyarakat luas. Tujuan dari kegiatan ini untuk meberi pengetahuan mengenai pentingnya memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja terutama pada lingkungan yang resiko kecelakan kerja nya tinggi.

Kegiatan pertama diawali dengan briefieng oleh ketua jurusan teknik permesinan dan juga mahasiwa pelaksana PKM, diawali dengan perkenalan nama masing masing anggota yang akan melaksanakan PKM, lalu diikuti dengan penyampaian susunan acara yang akan dilakukan.

Baca Juga  Di Bogor Hujan Deras Mewarnai Pemusnahan E-KTP

Kegiatan kedua dimulai dengan perkenalan anggota pelaksana PKM kepada peserta dan diiringi ole peserta yang melaksanakn absensi dan pengambilan snack sebelum acara dimulai. Lalu dilanjutkan dengan penyampaian materi, materi yang disampaikan meliputi seputar kesehatan dan kecelakaan kerja, resiko dan bahaya, sumber bahaya, penyebab kecelakaan kerja dan upaya pencegahannya, pegenalan APD, menjabarkan kelas kelas kebakaran dan alat apa yang digunakan untuk memadamkannya. Tidak hanya memaparkan materi pada kagiatan ini juga dilakukan sesi Tanya jawab, praktek penggunaan APD ( Helm, Masker, Kacamata Safety, Sarung Tangan Safety, Rompi, Sepatu Safety, Body Harness, Ear Plug), praktek penggunaan APAR, pemberian hadiah pada peserta yang bertanya/menjawab pertanyaan dan juga mau mempraktekkan apa yangsudah disampaikan.

Kegiatan ketiga atau terakhir adalah penutupan, anggota PKM mengucapkan terimakasih kepada bapak ketua jurusan dan kepala sekolah karena telah memberi kesempatan untuk melaksanakan kegiatan PKM di SMK Negeri 2 Kabupaten Tangerang dan melakukan serah terima pelakat terima kasih dan juga melakukan sesi foto Bersama.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *