PERKI Jaya Selenggarakan Peringatan Hari Jantung Sedunia 2024 di GBK

Jabodetabek104 Views

TangselMedia – Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia Cabang Jakarta (PERKI Jaya) menyelenggarakan kegiatan acara peringatan hari jantung sedunia tahun 2024.

Acara dilaksanakan bertempat di Plaza Sudirman, Gelora Bung Karno (GBK) Minggu (15/9/2024) pukul 06.00 WIB. Sebanyak 500 orang lebih ikut berpartisipasi pada kegiatan yang rutin diadakan setiap tahun ini.

Kegiatan berjalan meriah dengan berbagai acara yang disediakan, dan terlihat antusiasme peserta, dimana yang hadir dari berbagai kalangan.

Kegiatan ini terlaksana dengan dukungan berbagai pihak, baik dari Dinas Kesehatan Provinsi Jakarta dan beberapa rumah sakit serta pihak-pihak sponsor lainnya.

Acara pada tahun ini dikemas dalam berbagai bentuk kegiatan mulai dari senam zumba, talkshow tentang kesehatan jantung, pengenalan aplikasi Detak C, pembagian doorprize, pengecekan EKG, pengecekan tensi, gula darah, asam urat dan kolesterol. Selain itu ada pelatihan sekaligus simulasi tentang Bantuan Hidup Dasar (BHD) yang sangat penting diketahui untuk masyarakat awam.

Ketua PERKI Jaya dr. Vireza Pratama, SpJP(K), FIHA dalam sambutannya mengatakan acara peringatan hari jantung sedunia tahun ini lebih difokuskan pada pengenalan tentang tindakan bantuan hidup dasar, maka tema yang pilih adalah “Use Heart For Action”.

Baca Juga  PKM Sosialisasi Pemanfaatan Kedelai Sebagai Bahan Alternatif Susu Sapi Dalam Pembuatan Keju Bernilai Ekonomis Bagi Warga Pamulang Timur

“Tujuan dari acara ini adalah untuk mengedukasi masyarakat mengenai kesehatan jantung, penyakit jantung, deteksi dan bagaimana penanganan awalnya,”ujarnya.

Ditempat yang sama dalam sambutannya Dinas Kesehatan Provinsi Jakarta yang diwakili oleh dr. Dwi Oktavia mengatakan jantung menjadi salah satu penyebab utama kematian di Indonesia, termasuk di Jakarta.

“Jantung penyebab utama kematian. Sekitar 35 % angkanya secara presentasi. Ini perlu kita kurangi. Perlu ada kerjasama antar kader, komunitas, organisasi profesi dokter khususnya dokter jantung serta pemerintah untuk membudayakan masyarakat hidup sehat dengan mengurangi konsumsi gula, lemak, garam serta berolahraga,”jelasnya.

Selain itu dr. Dwi juga mengungkapkan rasa terimakasih atas peran serta PERKI Jaya selama ini dalam hal pelayanan pada masyarakat terkait edukasi dan penanganan pasien jantung. (Hjd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *