Mahasiswa Unpam Sosialisasikan Pengenalan Materi Kelistrikan Dasar Bagi Para Siswa Madrasah Ibtidaiyyah

TangselMedia-Kamis, 25 Juli 2024 telah terlaksana Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan di MI (Madrasah Ibtidaiyyah) Nurul Falah Jatayu Kebayoran Lama Selatan dengan materi “Pengenalan Kelistrikan Dasar”.

Pelaksanaan ini dilakukan secara langsung (tatap muka) dengan dihadiri sekitar 15 para Siswa/i kelas 6 dan didampingi oleh Ibu Tri Hartini selaku Wali Kelas dan Bapak Rahman selaku Koordinator Kesiswaan serta 4 orang Mahasiswa Program Studi Teknik Mesin.

Kegiatan dilaksanakan di Aula yang sudah disediakan dan diawali dengan pembagian snack serta air mineral untuk para Siswa/i kelas 6 yang hadir dalam pelaksanaan PKM ini, kemudian pembukaan dan pengenalan acara diwakilkan oleh Ibu Tri Hartini selaku Wali Kelas.

Dilanjutkan acara selanjutnya yaitu pengenalan teori kelistrikan dasar oleh perwakilan Mahasiswa yaitu Saudara Saepul Rohman yang mana materi tersebut wajib dipelajari oleh para siswa/i kelas 6.

Terlihat antusias dari para siswa/i yang hadir menyimak materi yang diberikan oleh para Mahasiwa Program Studi Teknik Mesin. Setelah materi dasar diberikan, acara dilanjutkan dengan praktik dengan Kit Peraga Listrik yang telah disiapkan oleh para Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pamulang yaitu Saudara Septian Ari Priyanto, Nawang Hayu, dan Aji Nur Fajri.

Baca Juga  Sampah dan Permasalahannya

Selanjutmya, dari para siswa/i terlihat antusias sekali pada sesi praktik kelistrikan ini yang mana dibagi 3 materi yaitu rangkaian seri, rangkaian paralel, dan rangkaian campuran (seri-paralel) karena jika mereka berhasil dalam praktik ini, akan diberikan sebuah hadiah yang telah disiapkan oleh Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pamulang.

Terakhir dari sesi acara ini, Kit Peraga Listrik yang dibuat oleh Mahasiswa diserahkan kepada Ibu Tri Hartini selaku Wali Kelas, diharapkan alat tersebut dapat bermanfaat untuk para Siswa/i dalam pembelajaran terkhusus pada materi kelistrikan.

Dengan diadakannya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini, diharapkan Siswa dapat mengetahui dan memahami dari materi dan praktik yang telah diberikan oleh para Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pamulang.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat telah berjalan dengan tertib dan lancar. Semoga kedepannya Mahasiswa/i khusunya Program Studi Teknik Mesin Universitas Pamulang dapat lebih baik lagi dalam menjalankan program terkait dengan hal-hal yang diperlukan oleh masyarakat.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *