Pemuda Gardu Cirarab dan Malang Nengah Kabupaten Tangerang Lakukan Aksi Penegakan Perbub Terkait Jam Tayang Truk Tambang

Jabodetabek153 Views

TangselMedia – Pemuda 2 desa dari Kampung Gardu Desa Cirarab Legok dan Kampung Malang Nengah Desa Karang Tengah Pagedangan yang tergabung dalam aliansi pemuda Mallagard melakukan aksi Penegakan Peraturan Bupati Tangerang (Perbub) Nomor 12 tahun 2022 terkait jam tayang truk tambang yang melintas di Jalan Legok – Parungpanjang, Selasa (14/10/2024).

Luky Lukmansyah Ketua Pemuda Gardu Cirarab mengatakan aksi yang dilakukan sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat yang terdampak dari ulah sopir truk tambang yang nakal yang masih melintas diluar jam tayang.

“Sepanjang Jalan Legok – Parungpanjang itu banyak Sekolah. Anak-anak ketika keluar sekolah harus berhadapan dengan truk – truk besar meskipun kosongan tetap sangat membahayakan. Kami tidak mau harus ada korban dulu baru bergerak,”tegas Luky pada wartawan.

Ia mengatakan para sopir truk dan pengusaha angkutan tambang harus melihat realitas yang ada, banyak masyarakat jadi korban. Menurut Luky banyak orang tua yang khawatir dan was – was ketika jam pulang sekolah.

“Mereka harus buka mata dan hati kalo urusan perut kita semua juga punya urusan, tapi kami tidak mau ada korban nyawa lagi. Sudah ada aturan malam hari dari pukul 22.00 – 05.00 Wib mereka bebas berkeliaran,”jelas pria yang biasa menggunakan topi dalam aktivitas sehari-harinya ini.

Baca Juga  Aktivis Anti Korupsi dan Mahasiswa Tangsel Selenggarakan Diskusi Publik Terkait Seleksi Capim KPK

Luky juga menjelaskan sudah mencoba berkomunikasi dengan Camat Legok Karsan terkait aksi ini agar ada tindak lanjut dari Pemerintah.

“Kami sudah komunikasi dengan Camat tapi tidak direspon, kami harap ada kepedulian dari pemerintah tingkat kecamatan karena ini warganya yang terdampak jangan tidak peduli sama sekali, Camat itu digaji dari uang rakyat,”paparnya.

Sementara itu petugas Dishub yang berjaga dilokasi Suparjo mengatakan jika masyarakat mau membantu secara konsisten untuk pengawasan jam tayang truk dirinya sangat senang.

“Jadi kita bisa bareng – bareng mengawasi jam tayang untuk truk tambang ini. Tapi kan kalo dari perbub itu tidak hanya Dishub, kalo sendirian kan tidak akan maksimal. Tapi diperbub disitu kan ada Pol PP, Polisi dan TNI yang sama punya tanggung jawab untuk mengawasi,”pungkasnya. (Hjd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *