Indonesia Kumpulkan 90 Medali, Bikin Sejarah Baru di Asian Games 2018

Nasional719 Views

Indonesia Kumpulkan 90 Medali, Bikin Sejarah Baru di Asian Games 2018

TangselMedia – Indonesia mengukir sejarah baru di Asian Games 2018. Tinggal dua hari lagi event digelar kontingen Merah Putih telah mengoleksi total 90 medali.

Sampai hari Jumat (31/8/2018) siang WIB, Indonesia kokoh di posisi ke empat klasemen perolehan medali dengan 30 emass, 23 perak dan 37 perunggu.

Selama keikutsertaan di Asian Games, Indonesia tidak pernah meraih sukses sebesar ini. Bahkan saat jadintuan rumah di tahun 1962 Indonesia ‘hanya’ meraih 11 emas, 12 perak dan 28 perunggu.

Chef de Mission Kontingen Indonesia, Komjen Syafruddin, mengatakan pencapaian ini adalah sejarah bagi Indonesia. Juga termasuk pencapaian medali terbanyak yang belum pernah dicapai.

“Ini sejarah. Ini terbanyak dalam semua perhelatan olah raga yang diikuti oleh Indonesia,” ujar Syafruddin kepada wartawan, Jakarta, Jumat (31/8/2018). Paling tidak, kata Syafruddin ada dua resep yang selalu ia sampaikan kepada atlet dan pelatih Indonesia. Pertama adalah soliditas antar pelatih dan atlet agar tidak ada jarak sedikitpun. Mereka dia minta untuk menyatu dalam setiap hal setiap latihan.

Baca Juga  Olahraga Beladiri Pencak Silat Menjadi Rebutan Indonesia – Malaysia di UNESCO

“Semili pun tidak boleh ada jarak antara pelatih dan atlet. Pelatih menerima atlet, atlet menerimna pelatihnya. Itu kemenangan 75% bisa ada di tangan,” ujarnya.

Kedua, Syafrudin menegaskan bahwa perhatian semua pihak sampai pemerintah kepada para atlet mendorong mereka termotivasi meraih medali. Juga keterlibatan TNI dan Polri dalam mengirimkan dokter dan psikiaternya sebagai kontingen juga memberikan pengaruh kepada atlet.

Sebagai pimpinan kontingen, Syafruddin berjanji akan menyumbangkan sebagian dari gaji miliknya untuk para atlet. Mesti tidak banyak, ia berharap itu bisa membantu para atlet dan pelatih.

“Paling tidak gaji saya sebagai menteri akan saya sumbangkan, walaupun sedikit, bisa beli kerupuk,” ujarnya sambil bercanda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *